22.5.12

Laos : Life Changed Since Then

Hari ini hari Jumat tanggal 11 Mei, hari pertama saya mulai nulis post ini yang mungkin bakal jadi post terfavorit saya, umur saya berubah ke angka 23 lohhh! Blessings Friday! Weeeee sooo excited! Ga punya petunjuk apapun saya bakal jadi apa, kemana, dengan siapa, gimana caranya, kapan, berapa, berapa banyak, lohh?? malah jadi 5W+1H hahaha, tapi saya yakin kehidupan bakal ngasih segala kebaikannya kalo saya selalu berusaha mikirin yang baik-baik. Yes! Jadi, berusahalah, Viet.. *tepuk-tepuk pundak sendiri.

Oke, mari kita mulai cerita tentang Laos ini...

Saya jelasin sedikit tentang Laos dari sudut pandang seorang Vieta ya. Laos itu negara yang berada di tengah-tengah tiga negara SE Asia lainnya : Vietnam, Thailand, dan Myanmar, negara yang awalnya sama sekali gak saya lirik dan gak bikin saya tertarik. Laos itu negara dimana saya harus rela ngelewatin sebuah proses perjalanan darat menggunakan sebuah bus sialan dengan supir dan kondektur yang juga sialan dari Vietnam selama 30 jam! Bayangin lah...
ti-ga-pu-luh-jam duduk dan tidur di dalam sebuah bus yang saya bayar seharga $43 tapi tanpa toilet dan kondisi AC yang gak berfungsi, mungkin berfungsi tapi gak kerasa karena saking buanyaknya penumpang yang kondekturnya naikin! Travel agen kepret! Penipuan harga dan fasilitas bus dari semenjak pertama beli tiket! Belum lagi Hani ngalamin hari buruk pas nuker duit di perbatasan buat makan, dia ampe rugi 45 Dollar. Oh men! Bayangin jumlah duit itu kalo dirupiahin, lumayan banget kaaan. Tapi, di balik kisah perjalanan yang gak menyenangkan itu (sayang banget ya perjalanan di negara Vietnam harus ditutup dengan sedikit keluhan karena beberapa orang-orangnya yang scamming)...Laos itu negara satu paket tempat berkumpulnya semua pemandangan indah, orang-orang lokal ter-cool selama trip ini berlangsung, makanan-makanan enak dan murah meriah, spot bertualang sekaligus tempat berpesta pora hahaha, dan negara tempat Beerlao berasal! Yakk Beerlao, one of the best beer on earth I've ever tasted dan lagi-lagi harganya cuma setengah Dollar! Laos is beyoooooond! Beyond of my expectation! Jadi jangan cepet menilai sesuatu yang bahkan belum pernah diliat pake mata kepala sendiri, Viet!

Sepanjang perjalanan ditemenin seorang sahabat yang kalo lagi laper, ngantuk, ato pingin pipis nyebelinnya luar biasa (sorry,Han! hahaha), sebuah buku dan dua pil Antimo, saya akhirnya lebih milih tidur. Tidur dan ngelupain kondisi saya yang saya bilang cukup menyedihkan berada di dalam bus yang mirip penjara. Kalo ditotal, mungkin saya tidur lebih dari 20 jam selama perjalanan berlangsung. Saya inget banget itu saya bangun dan sepenuhnya tersadar soalnya efek Antimo udah abis setelah ngelewatin border Laos. Ada satu momen sinar matahari pagi masuk dari jendela bus, dan itu adalah sunrise pertama saya yang gak saya rencanain setelah ngelewatin dua negara sebelumnya. "Han, Han, bangun, Han! Itu liat keluar..." saya bangunin Hani, sengaja, soalnya bakal rugi dia kalo gak ngeliat sunrise super dahsyat bagusnya itu. Pemandangan siluet bukit berlayer-layer keunguan tertimpa cahaya matahari pagi yang warnanya kuning keoranyean, ya Tuhaaan, ini bagus banget! Cuma butuh waktu sekejap aja semua perasaan capek itu ilang. Dari situ saya belajar, kalo segala hal itu layak buat ditunggu, apapun pasti bakal indah pada waktunya. Walo perjalanan masih berlangsung sampe beberapa jam selanjutnya, "salam kenal" dari Laos di pagi hari itu jadi semacam mood booster buat saya. Saya jadi nebak-nebak, bakal ada keindahan dan pengalaman apa lagi yang ditawarin dari negara itu.

Inilah the shitty bus
Ucapan selamat datang dari negeri para biksu

Luang Prabang : Surga buat Sebagian Orang

Kota pertama yang dituju adalah Luang Prabang. Sama seperti Hoi An di Vietnam, kota ini juga termasuk dalam daftar panjang World Heritage. Hampir semua traveler yang saya temuin di jalan dan pernah ngunjungin kota ini, semuanya cinta Luang Prabang. Lebih tepatnya sih, semua cinta Laos hehehe. Negara ini punya sex appeal yang bikin orang-orang gak bisa dengan gampang ngelupain gitu aja. Nyamannya suasana kota Luang Prabang sebenernya sama kayak yang saya rasain kalo ngunjungin Yogyakarta, cuma di sini minim banget kendaraan. Orang-orang lebih milih pake sepeda buat kemana-mana karena kotanya itu sendiri gak besar. Jadi sangat memungkinkan buat dikelilingin dengan berjalan kaki ato naik sepeda. Oh! satu lagi, orang-orang di kota ini cukup religius, jadi bersopanlah dalam berpakaian kalo lagi di tengah jalan. Ini terliat dari bertebarannya temple dimana-mana dan biksu-biksu berlalu lalang yang mungkin jadi pemandangan jarang di Indonesia, itu hal biasa aja di sini.

Museum Nasional
Salah satu bangunan temple
Ini suasana jalanan sehari-hari di Luang Prabang, sepi dan tenang

SpicyLaos Guesthouse
Hal lain yang gak mungkin bisa dilupain, apalagi kalo bukan tempat saya dan Hani nginep... Spicylaos Guesthouse! Sejauh trip berlangsung, tempat itu jadi tempat bermalam terburuk sekaligus paling berkesan. Seorang 'gila' dari Perancis lah yang ngediriin guesthouse itu pertama kali taun 1936!! Saya gak punya bayangan apa-apa tentang negara ini pada taun itu, ADA APA coba di Laos taun 1936?? Jadi intinya, usia bangunan guesthouse itu udah 76 taun pas saya kunjungin. Oh iya, ada satu aturan di guesthouse ini tentang cara berjalan karena lantai terbuat dari kayu yang pasti bakal berisik kalo diinjek, alas kaki harus dilepas sebelum masuk ke dalem rumah dan jalan dengan kaki sedikit jinjit supaya gak kedengeran kayak 'elephant footstep'. Selebihnya, anggep aja rumah sendiri.

Di halaman guesthouse ada meja pingpong, hammock, kantin, tempat api unggun, beberapa kursi malas, daftar panjang yang isinya aktivitas seru apa aja yang bisa dilakuin di Luang Prabang, dan... Snake Whisky! For free! Tapi biar whisky gretongan gitu, tetep aja gak ada yang mau minum huahha ulernya itu lohh iyuuh. Di sini juga tersedia loker, dua komputer yang bisa dipake siapa aja, dan koneksi wi fi diseluruh penjuru rumah. Untuk toilet dan kamar mandi itu dibedain ruangannya, tapi jangan ditanya kondisinya ya...buruk! Hahaha. Konsep rumah ini dibikin seperti rumah keluarga orang lokal, ya mungkin begitulah keidupan masyarakat Laos. Mereka gak mau terlalu musingin tentang 'bentuk layak' dari yang namanya jamban, toh ujung-ujungnya tempat pembuangan juga kan hahaha. Tapi seru sih pengalamannya, saya aja yang sama-sama orang Asia kerepotan, apalagi itu bule-bule yang dari benua lain ya hihihi. Soundtrack saya semenjak di Laos itu lagunya Two Door Cinema Club yang This is The Life. Yes definitely! This is the life should be, focus on meaningful experience, focus on 'jamban' experience hahaha.

Spicylaos Luang Prabang
Ini ruang ngumpul di lantai 2
Tempat favorit buat males-malesan

Ada empat hari ke depan yang bakal saya dan Hani abisin di Luang Prabang. Dari saran seorang cowok solo traveler Inggris yang umurnya sama masih 22 waktu itu, hari pertama di Luang Prabang adalah eksplor kota dengan nyewa sepeda dan ikutan renang sama anak-anak setempat di sungai Mekong, sunbathing di sana. Seruuu! Sungainya jernih, sinar mataharinya hangat dan udaranya bersih minim polusi. Saya dan Hani juga nyewa tube buat latian tubing pra-Vang Vieng, tapi wae ah. Dan yang namanya anak kecil di dunia manapun sama aja ya, suka main air! Hehehe. Pas matahari udah semakin tenggelam, kabut tipis pun muncul di atas sungai dan itu pertanda udah saatnya pulang. Di Luang Prabang, ada aturan buat warga lokal. Mereka gak boleh keluyuran di atas jam 11 malem kecuali ada urusan pekerjaan. Kalo ketauan, mereka harus bayar semacam denda. Makanya malem hari di Luang Prabang itu cenderung tenang.

Si pelor ini pun tidur di pinggir sungai

Khuang Si Waterfall
Besok harinya, temen trip bertambah dua orang. Cewek-cewek Swedia yang waktu itu jadi boat mate di Ha Long Bay akhirnya dateng juga. Hari itu tempat yang bakal kita berempat kunjungin adalah Khuang Si Waterfall. Gak kayak Ha Long Bay yang overheard, saya belum pernah denger tentang tempat ini sebelumnya. Saya suka males juga sih nyari gambaran tempat di internet soalnya kan di Lonely Planet gak ada fotonya. Biar jadi surprise aja hehehe. Yang jelas tempat ini ada di list 'what to do' di Luang Prabang yang ditempel di guesthouse. Bahkan ada map spot berenang 'rahasia' di air terjun yang ditempel di dinding guesthouse, jadi makin penasaran. Dan dengan nyewa tuk-tuk seharga 40 ribu Kip, kita berempat berangkat.

Sesampenya di sana, saya sempet terbuai lama di pintu gerbangnya gara-gara fruitshake! Demi apa ya, buah-buah di Laos ini rasanya seger-seger banget deh, fruitshake nya tuh enaaak banget. Jadi belum apa-apa, saya udah ngabisin segelas mango shake dan oreo shake hahaha. Terus, the Swedish girls takjub gitu sama rasanya pisang goreng dan gak brenti ngomong "Oh my goodness" setiap ngunyah huahaha. Ini belum juga trekking ke air terjun, udah banyak jajan aja hehe. Setelah bayar sekitar 20 ribu Kip per orang, akhirnya pintu gerbang terlewati juga. Trek ke air terjun cukup panjang, yang pertama kita liat adalah kandang beruang cokelat. Tapi beruangnya sombong, kita dipantatin mulu! Gak ada yang mau nengokin mukanya buat difoto. Sok seleb!

Saya, Hani, dan the Swedish girls nglanjutin nyusurin trek, dan akhirnya mulai kedengeran tuh suara air dan siluet genangan air warna biru-toska. "Ya Tuhaaaan, Hani!! Ini keren bangett!!" saya spontan ngomong gitu. Hawanya udah langsung pingin nyebur aja dari ngeliat spot air terjun yang pertama, padahal masih ada beberapa air terjun kecil lainnya dan satu air terjun besar yang dibaliknya itu spot renang 'rahasia' berada. Saya cinta air, jadi kalo ngeliat tempat kayak gitu ibaratnya kayak kembali ke habitat hahaa overexcited! Akhirnya dengan bijak saya nahan diri buat nyemplung saat itu juga dan ngedenger saran Hani buat trekking ke seluruh air terjun dulu, baru ntar mutusin deh mau renang di spot sebelah mana. Rada oon-nya adalah, karena terlalu terkesima sama goddamn mother nature di sana, kita lupa sama sekali lah sama si spot renang 'rahasia' itu ha ha ha. Yaudah, ntar harus balik lagi brarti. Akhirnya kita mutusin buat renang di spot yang ada gelantungan tali di pohonnya. Debut pertama pake bikini! Woohoooo! (norak :-p).

Siapa yang gak jatuh cinta sama pemandangan ini?
Air terjun paling besar di Khuang Si Waterfall

Hang-out dengan monk di Mekong River
Suatu subuh di hari ketiga di Luang Prabang, saya, Hani, salah satu dari the Swedish girls, dan seorang solo traveler cewek dari London jadi volunteer buat ngasih makan biksu-biksu di sepanjang jalan utama Luang Prabang. Pengalaman beda dan cukup seru. Selebihnya di hari itu cuma males-malesan aja di guesthouse, ngobrol-ngobrol sama traveler yang lain, baca buku, internetan, dsb pokoknya useless. Kok rugi juga ya? Kapan lagi ini kita kesini ya, Han? Yaudah yuk ah keluar, liat-liat, ngapain kek. Akhirnya berangkat lah saya dan Hani eksplor sisi lain Luang Prabang yang belum kita liat dengan berjalan kaki. Kita ngelilingin dari satu temple ke temple lain dan body massage! Yeah! Setelah berenang di air terjun di hari sbelumnya, badan emang rada encok pegel linu hehe. Beberapa kali brenti jalan buat duduk nyante di cafe-cafe di sepanjang pinggiran sungai Mekong sambil ngopi ato ngebir ato mitza (baca : makan pizza hehe), la vita รจ bella.

Volunteering ngasih makan monk, harus udah standby dari subuh

Sampe akhirnya saya dan Hani mutusin mau naik ke atas temple yang ada di atas bukit titik tertinggi di Luang Prabang buat bakar lemak hehe sekaligus sunset di sana, tapi ternyata lagi-lagi langkah kita terhenti gara-gara kita nemuin spot lain dari sungai Mekong dan... saya ampe speechless ngedeskripsiinnya. BAGUS BANGETTT! I officially adore you, dear mother nature! Kalo gak inget saya gak bawa baju ganti, saya mungkin udah nyebur! Dan kalo gak inget itu masih sore dan banyak orang, saya mungkin udah skinny dipping! Hahaha! Biarin deh orang bilang n mikir apa baca post ini, I only speak the truth. Dan ini emang yang bener-bener saya rasain waktu itu, keindahan alam di Laos 'nelanjangin' saya! Saya jadi inget dulu waktu kecil pernah superexcited main di sawah sampe kotor luar biasa, perasaan excitednya mungkin sama kayak waktu saya ngeliat the other side of Mekong river itu.

The other side of Mekong river, breathtaking!

Jadi spot itu adalah tempat pertemuan dua aliran sungai, di tengahnya ada bebatuan besar putih kecoklatan, dan di pinggir sungainya terhampar pasir putih luas. Di sisi lainnya, ada kebun-kebun sayuran warga setempat dan kita boleh loh beli n metik fresh vegetable ini langsung. Yang bikin tambah menarik sekaligus jadi salah satu unforgetable moment di Laos adalah di tempat ini juga lah kita berdialog, bercanda, dan main lempar batu di sungai pertama kali sama para monk muda ato, dan itu juga jadi pngalaman pertama buat mreka ngobrol sama foreigner, khususnya dari Indonesia dan cewek pula! Hahaha! Orang-orang khususnya turis, nganggep biksu sebagai holy creature dan memperlakukan mreka kayak 'barang pecah belah'. Kayaknya harus hati-hatiiii banget, itu juga yang saya dan Hani lakuin sebelum akhirnya kenal dengan beberapa diantara mreka, dan ternyata... they're so common! Yes, they're common people! Tetep flirting ke cewek, tetep masih muda n penasaran sama segala hal, cuma mreka gak punya pilihan aja karena orangtua mreka dari golongan orang kurang mampu. Jadi buat 'sementara' waktu mreka jadi monk dulu. Karena dengan jadi monk, hidup mreka bakal ditunjang masyarakat stempat. Salah satu diantara mreka taun depan malah ada yang brencana masuk kuliah desain loh di salah satu univ di Vientienne, ibukota Laos. Oh iya, mreka cukup fasih bahasa Inggris, soalnya di temple mreka diajarin buat berbahasa Inggris, mreka tetep sekolah normal kayak anak-anak seumurannya. Keluhan mreka ya itu, karena orang-orang pada segan, nganggep mreka holy creature, mreka jadi jarang mraktekin kmampuan bahasa Inggrisnya sama foreigner. Eh, tapi gak smua jadi monk gara-gara mreka bukan orang mampu loh ya, banyak juga yang mutusin buat jadi monk karena emang panggilan hati. Dan gagal deh niat sunset-an di atas bukit karena keasyikan ngobrol, matahari keburu tenggelam :-)

The monks
Pertanyaan berulang-ulang dari para monk ini :
"Do you have boyfriend?"
Sunset scenery di sungai Mekong

Chomsy Hill
'So long party' saya dan Hani dengan Luang Prabang ada di atas bukit bernama Chomsy. Di sinilah Wat Phousi berada, temple terbesar di kota ini. Dari awal dateng ke Luang Prabang emang niatnya pingin banget naik ke atas bukit ini, sunset-an di temple. Tapi apa daya berhubung orang sibuk jadinya yaa...padahal sih males naik ke atas nya hihihi. Dan ampir aja kita pun ngurungin niat buat naik ke atas bukit di hari paling terakhir di kota ini. Kalo bukan dimotivasiin sama si English guy yang dari awal kita dateng udah jadi penasehat pribadi tempat-tempat mana aja yang wajib dikunjungin di Luang Prabang, mungkin udah tetoot sih naik ke Chomsy dan pastinya bakal nyesel berkepanjangan. So, thankyou! Karena emang bener, dari atas bukit ini saya bisa ngeliat seluruh penjuru kota. Berhubung udah gak bisa ngejar sunset karena jadwal mini van yang bakal ditumpangin ke Vang Vieng, sunrise pun jadi. Akhirnya subuh-subuh naik bukit lah kita sekaligus olahraga. Dan lagi-lagi ya, perasaan capek karena trekking terbayar seketika pas matahari mulai muncul nampakin batang idungnya.
Sampe jumpa Luang Prabang, it was great memory meeting you :-)

Nunggu matahari terbit
dan..terbitlah :-)

Masih semangat baca? Oke, mari kita lanjutkan...

Vang Vieng : Kota Indah Sekaligus Berbahaya

Butuh waktu kurang lebih enam jam buat sampe ke pit stop kedua ini dari Luang Prabang dengan menggunakan mini van. Para traveler dateng ke kota ini biasanya dengan satu tujuan utama : tubing.

Ini salah satu tayangan menakjubkan yang ditawarin Vang Vieng
Hari pertama dateng ikutan mancing keuyeup sama anak-anak setempat

Mereka nyewa tube, bayar deposit 70ribu Kip, nyerahin passport ke petugas sebagai jaminan, naik tuk-tuk ke start point tubing di ujung sungai yang jaraknya kurang lebih tiga kilometer dari tempat penyewaan, dan tubing pun dimulai. Mereka gak tau, atau mungkin beberapa udah tau dengan resiko dateng ke ujung sungai itu belum tentu mereka bakal balik ke ujung satunya, tempat penyewaan tube berada, lengkap dengan tube yang beberapa saat sebelumnya mereka sewa. Dan belum tentu juga mereka pulang dalam kondisi 'sadar', malah yang paling buruknya, belum tentu mereka pulang dengan selamat. Dan waktu itu, saya termasuk kelompok orang yang gak tau.

Jembatan ini adalah starting point dari segala huru-hara hahaha
Deretan bar di sepanjang sungai

Saya gak tau kalo dari ujung starting point itu berjejer belasan bar yang semuanya ngasih free shot, free bucket. Saya gak nyangka. Yang bukan peminum bisa jadi peminum dan yang peminum bisa jadi pemabuk dan yang pemabuk bisa jadi kebablasan di kota ini. Minuman yang pasti disediain secara gratis di hampir setiap bar adalah Lao-Lao Whisky. The most dangerous alcohol during this trip on my version. Kadar alkoholnya 60%! Itu bukan minuman main-main. Di sepanjang sungai yang seharusnya jadi tempat yang fun buat tubing, banyak dari para traveler ini yang ujungnya malah ngebahayain diri sendiri karena mereka gak sober. Totally! Menurut kabar, ada tiga Australian meninggal dunia dua minggu sebelum kedatengan saya ke kota ini. Mereka terlalu mabok, gak bisa ngontrol diri, lompat ke sungai yang dasarnya banyak batu, dan mati di sana. Mereka memulai aktivitas tubing n hura-hura ini dari siang, soalnya jam enam sore pinggiran sungai itu emang udah harus kosong. Terlalu berbahaya. Saya belajar banyak tentang efek bahayanya alkohol kalo berelebihan dari Vang Vieng. Saya mungkin aja mati di sana. Mungkin.

Ada yang bilang kalo alkohol itu salah satu alat bersosialisasi itu ada benernya sih,
soalnya di Vang Vieng semua jadi temen n gampang akrab

Ini salah satu kegiatan 'fun but dangerous' yang ada di salah satu bar pinggir sungai
(terutama kalo lagi gak sober)

Tapi jangan parno dengan yang barusan saya tulis. Tujuan saya ngasih tau itu biar orang-orang yang saya sayang, yang lagi baca post ini sekarang, yang mau dateng ke Vang Vieng harus lebih berhati-hati. Jangan terlalu terbuai sama minuman gratisan. Kota ini tetep bisa sangat menyenangkan kok! :-)

Kopi dan baguette adalah kombinasi pas buat 'ngumpulin nyawa' di pagi hari

Anyway, eksplor sudut lain dari jalanan di seberang sungai di Vang Vieng. Selain dikenal sebagai 'the party capital', Vang Vieng punya keindahan alam yang luar biasa. Oh Laos, kenapa kamu sebegitunya bagus? bikin saya kejebak sama euforia liburan ampe sekarang. Hihihi. Saya dan Hani nyewa motor waktu itu buat ngejelajah jalanan di sisi lain dari sungai. Jadi sungai itu berada di tengah-tengah antara dua jalan utama. Nah jalanan tempat Holiday Inn, hostel saya selama di Vang Vieng, berada itu adalah jalanan 'party' soalnya di situ emang pusat kehidupan traveler. Berjejer bar-bar, restoran, hostel, dan market. Hingar bingar, banyak orang dari yang sadar ampe yang mabok setiap saat berlalu lalang. Nah jalanan yang satunya di seberang sungai itu saya sebut dengan istilah 'escaping way'. Soalnya sisi jalan yang itu 180 derajat beda kondisi n suasananya. Gak beraspal n medan jalan yang cukup bikin cape buat dilaluin, tapi lagi-lagi dengan tawaran pemandangan super duper indah dari bumi Laos sepanjang perjalanan. Nah berhubung saya dan Hani gak adventurous-adventurous amat, makanya kita nyewa motor. Soalnya kita gak mau juga ah terlalu capek nyewa n ngayuh sepeda, apalagi jalan kaki. No way!! Hahaha.

Kondisi jalanan di sisi lain sungai menuju Blue Lagoon
Kejebak di tengah kawanan sapi

Satu-satunya tempat yang jadi tujuan saya dan Hani buat kembali ngewarasin otak setelah malem sebelumnya gila-gilaan  (I dubsteped. I limbo danced. I ran. I spun. I had dance-offs. I splited with Hani. I got myself into trouble. I lost) adalah Blue Lagoon. Saya pingin berenang, nyelupin kepala saya ke air. Cuma itu yang pingin saya lakuin, dan gak mungkin saya lakuin di sungai tubing. Karena ujung-ujungnya saya pasti bakal ngelakuin hal lain di tempat itu, aktivitas sama yang dilakuin hampir semua traveler di Vang Vieng tiap harinya, pesta. Jadi dengan bijak, Blue Lagoon adalah keputusan tepat.

Jalanan yang tanpa aspal, berdebu, panas, n beberapa kali kita terjebak di tengah kawanan sapi gak terlalu kerasa melelahkan pas kita udah sampe di Blue Lagoon. Tempat itu bener-bener kayak oasis di tengah padang gersang. Sejuk, tenang, walopun banyak orang pas saya dan Hani dateng, tetep aja tempat itu bikin hati damai. Kayaknya misi kita n beberapa traveler lainnya yang dateng ke Blue Lagoon itu sama, buat 'escaping' n ngedinginin kepala dari gegap gempita pesta semalem hahaha. Soalnya Vang Vieng itu kota kecil, jadi kita ketemu sama muka traveler yang itu-itu aja. Muka-muka yang nongol bareng di bar pinggir sungai, n kita temuin lagi di tempat ini. Jadi apa coba namanya kalo bukan sama-sama 'escaping'?

Blue Lagoon! What a perfect place to escape
Yang pernah ke Vang Vieng pasti tau darimana gelang-gelang tali ini berasal

Saya dan Hani 'berkubang' di Blue Lagoon cukup lama ampe mager. Alhasil kita gak sempet ngunjungin gua yang jaraknya cuma sejengkal dari tempat itu soalnya hari udah keburu sore n kita udah kelaperan. Padahal katanya gua itu bagus banget lho, n bisa juga tubing di dalemnya. The real tubing! Tanpa tawaran alkohol. Oh iya, aktivitas outdoor lainnya yang gak sempet saya rasain karena keterbatasan waktu dan dana di Vang Vieng adalah naik kayak dan balon udara! Duh nyesel banget deh! Harus balik lagi ke sini. Harus!

Daaaan otak saya pun kembali sehat :-)

Empat hari di Vang Vieng kayaknya cukup deh. Kalo buat saya sih, kelamaan di kota ini juga gak baik buat kesehatan hehe. Sedih sih pas ninggalin Laos, soalnya saya belum puas n ngerasanya trip ini udah berakhir. Selepas negara ini, saya ngerasa ada perubahan besar di diri saya, saya jadi jauh lebih ngerasa bebas buat jadi diri sendiri n gak usah terlalu meduliin apa pendapat orang. Ngelakuin hal baik ato buruk, pasti bakal selalu ada orang yang komplen tentang apa yang saya lakuin, jadi yahh hal terbaik yang bisa saya lakuin adalah tetep jadi orang yang apa adanya. Ngelakuin apa yang saya suka. Tentang orang-orang di sekitar saya yang cukup kaget sama perubahan saya, mungkin banyak yang gak bisa mereka pahamin dari jalan pikiran saya sekarang. Tapi dari yang saya temuin, walo mereka gak sepenuhnya ngerti sama apa yang saya lakuin, mereka tetep penasaran kok sama proses n pengalaman yang udah saya lewatin. So, everything will gonna be allright :-)

Saya dan Hani dijemput mini van menuju Vientiene di hari keempat semenjak kedatangan di Vang Vieng pagi-pagi, trus dilanjutin dengan bus dari Vientiene menuju Udhon Thani di utara Thailand. Dari Udhon Thani itu kita bakal terbang pake Air Asia menuju Bangkok.
Kisah di Thailand tunggu post selanjutnya ya...

Terimakasih masih setia baca ampe sepanjang ini. Otak saya penuh kata-kata, jadi sayang aja gitu kalo gak dikeluarin hehehe.
Wherever you are, you have to know I care about you. So long and have a good life! :-)

1. Pengalaman yang luar biasa. Mau tanya dong, apakah selain sleeper bus ada bis yang berangkat pagi dari hanoi ke luang prabang?

1. halo, maaf banget keterlaluan telat responnya hehe..
      bis pagi itu gak ada stau saya. Tapi ada beberapa alternatif transport buat mnuju LP, bisa pake pesawat dari Hanoi