23.4.12

Vietnam : The Place to Begin

Beberapa minggu sebelumnya saya dan Hani, room mate saya selama trip yang berlangsung sebulan ini, intens chatting buat ngebahas semua hal, terutama masalah rute yang bakal kita tempuh.


Dan inilah rute yang kita sepakati :
Indonesia : Jakarta - Vietnam : Ho Chi Minh City - Kamboja : Phnom Penh, Siam Reap - balik lagi ke Vietnam : Ho Chi Minh City, Mui Ne, Nha Thrang, Hoi An, Da Nang, Hanoi, Ha Long Bay - Laos : Luang Prabang, Vang Vieng - Thailand : Bangkok - Malaysia : Kuala Lumpur - Indonesia : Jakarta.


Dan akhirnya tanggal 21 Januari 2012 pun datang.....

Two lovely Indonesian girls ready to go, hahaha


Tet Festival (Tahun Baru Cina) di Tengah Keluarga Hanh Chuoi


Flight pertama saya dan Hani berangkat jam empat sore WIB dari Jakarta dengan destinasi menuju Ho Chi Minh City
ato saya biasa nyebutnya Saigon soalnya lebih gampang. Pake pesawat Air Asia dengan jarak tempuh kurang lebih empat jam. Sesampenya, langsung disambut kena scamming pulsa dan argo taksi yang berlebihan hahaha! Tapi saya gak mau cerita, soalnya kenangannya gak bagus. Yak intinya itu. Review dikit seputar bandaranya Saigon, masih kalah jauh lah dibanding Soekarno-Hatta sih! Yess! Abis itu langsung menuju ke rumahnya Hanh Chuoi.


Siapakah Hanh itu?
Jadi, Hani yang sangat aktif di dunia Couchsurfing,  itu adalah portal traveler, bisa langsung cek aja itu apaan ke www.couchsurfing.org ,okey! Dia ngeshare tentang rute trip kita disana, trus ada lah seorang cewe Vietnam berusia 19 tahun yang nawarin kita buat tinggal di rumahnya selama tiga hari. Karena tanggal 23 Januari itu adalah tanggal Taun Baru Cina, atau di Vietnam dikenal dengan nama Tet, jadi kita mikirnya "Kenapa enggak?". Begitu loh... Kapan lagi kan ngerayain hari raya sama sebuah keluarga penduduk setempat. Singkat cerita, sampailah kita di rumahnya Hanh dua jam kemudian...


Rumah Hanh terdiri dari empat lantai meninggi ke atas dengan lokasi di tengah pasar tradisional di pinggiran kota Saigon. Lantai pertama itu adalah toko kelontong punya ayahnya, lantai dua itu ruang komputer kakaknya yang seharian selalu ada di rumah haha saya bahkan gak tau namanya, lantai tiga itu kamarnya Hanh tempat saya dan Hani numpang nginep sama balkon tempat ibunya Hanh berdoa pagi-pagi, dan lantai paling atas itu rooftop yang sama tempat buat berdoa juga. Sedikit takjub sama orang-orang Vietnam ini, mereka bahkan banyak yang gak beragama..tapi hampir tiap rumah punya tempat berdoa yang langsung menghadap langit. 


Suasana di luar rumah Hanh dari lantai 3
Hanh dan sepupu-sepupunya yang super ramah
They're officially my new family
Kopi susu khas Vietnam buatan ayahnya Hanh
belum ada yang bisa ngalahin enaknya ampe sekarang!


Pada tanggal 22 Januari malem hari, hingar bingar perayaan Tet sampe pada puncaknya. Semua orang tumplek blek di jalanan, semuanya pingin liat kembang api. Dan crowd nya itu terlalu kacau balau sih kalo menurut saya hahaha, motor bertebaran dimana-mana, semua orang susah lewat jadi sedikit heran kenapa mereka masih aja bawa kendaraan. Haha tapi itu serunya. Malem itu saya dan Hani berkunjung dulu ke keluarga besarnya Hanh, ke rumah neneknya. Adat istiadatnya sih kurang lebih sama kayak hari raya agama lainnya, kumpul keluarga, bagi-bagi angpao hehehe dan saya juga kecipratan loh! Angpao-angpao yang saya dapet kurang lebih totalnya 250ribu Dong ato kalo dirupiahin itu 125 ribu. Hihihi mayaan uang jajan.


Setelah berkenalan sama nenek dan uwa-uwa nya Hanh, angkatan mudanya nih mutusin buat chillin' out dulu di bar deket situ sambil nunggu fireworks di jam 24 teng, hehe. Nah di situ karena si owner nya tau saya dan Hani turis dari Indonesia, saya disuruh perform nyanyi sambil main gitar. Ah di negri orang ini, belom tentu ketemu lagi juga sama orang-orangnya, jadi jabanin aja deh malu-maluin diri sendiri hahaha. Mayan, mainin dua lagu dibayarnya pake sebotol wine dari Dalat,Vietnam sama dinner gratis. Asheek!


Kekacauan di jalanan suburban Saigon di malam Tet
"Ditodong" perform hahaha
Dan ini lah bayaran dari todongan itu :-D


Pada jam 12 malem teng, kita semua ke semacam alun-alun gitu buat nungguin fireworks. Dan ini lah statement Hanh yang cukup lucu "this year, Vietnam isn't poor.." hahaha dia bilang gitu gara-gara kembang apinya cukup lama, hampir setengah jam lah kira-kira. Dari yang excited, sangat excited, balik lagi excited, dan akhirnya bosen soalnya gak beres-beres. Hihihi. Malem itu cukup ngaco, orang-orang Vietnam itu doyan minum alkohol, dan kita dicekokin ampe jam tiga subuh! Padahal saya harus bawa sepeda motornya Hanh buat balik ke rumah dan pagi harinya  kita harus udah balik lagi ke rumah neneknya Hanh buat ikut kumpul keluarga. Haha! Yes, saya belajar satu hal yang ternyata bagus semenjak hari itu : Stay up late, wake up early.


Pagi harinya, setelah mandi dan berdandan dikit soalnya kan itu hari raya, iya gak sehh..semua orang pake baju baru, tapi kalo saya pake baju yang itu-itu aja hahaha. Maklum lah ya bo, bawa baju gak banyak aja berat backpack saya udah ampe 14kg! Saya dan Hani berkesempatan ngerasain 'first meal' pada taun yang baru itu di tengah keluarga Vietnam yang sangat welcome sama kedatengan kita, ramah, n baik hati. Huhu pikiran saya jadi balik lagi ke hari itu deh sekarang..what a precious experience :-)


Happy new yeaaaar! :-D
Ini dia yang disebut dengan 'first meal'


Saigon : Kota yang Jauh di Atas Ekspetasi dengan Memori Masa Lalu yang Bikin Perih


Citysightseeing kota Saigon yang sempet saya lakuin bareng Hani di hari kedua semenjak kedatangan saya di negara ini nimbulin kesan yang gak terduga di luar ekspetasi saya, "Wow, Saigon ternyata udah semaju ini sekarang!". Walo saya belum pernah ke sini sebelumnya, hihihi jadi agak-agak sok tau dulunya kayak gimana, tapi bener deh saya gak nyangka kalo kota itu bisa sebersih n sebagus itu! It was beyond! Bunga-bunga bertebaran di taman dan gak ada yang iseng metikin. Gak ada pedagang kaki lima dan trotoar buat pejalan kaki itu gede gila! Tata kota nya juga rapiii tapi tetep dengan pengendara motor yang harus diwaspadain soalnya bisa "gak sengaja" bikin nyawa kita melayang. 


Denger dari seorang temen Thailand yang sering banget bolak balik ke Vietnam, behavior orang-orang Vietnam dalam berkendara juga udah jauh lebih membaik sekarang. Dia bilang, sepuluh taun lalu lampu merah di sini cuma pajangan doang, mau lampunya merah juga gak bakal ada yang berhenti. Trus lima taun lalu pas dia ke sana lagi, mereka udah mulai belajar sabar walo beberapa masih aja ada yang ngerasa yang punya jalan hehe, dan sekarang alhamdulillah yah mereka udah tertib ikut peraturan. Oh iya, harga mobil di Vietnam juga mahal banget, jadi cuma golongan menengah atas aja yang bakal punya. Tapi ini berbanding kebalik sama harga motornya, makanya motor dan sepeda motor (sepeda yang ada mesinnya) jadi pilihan utama masyarakat Vietnam dalam berkendara. Gara-gara itu juga kali ya Vespa ngebangun pabrik besar di sini...


Oh iya, tips menyeberang jalan di Vietnam : Jangan nyebrang sambil lari! Karena pengendara motor di sini tetep gak bakal berhenti. Cara terbaik adalah dengan melangkah pelan-pelan dan hati-hati jadi bisa ngira-ngira kemana arah motor ini berlalu lalang. Ini efektif lho, soalnya saya masih idup sampe sekarang :-)


Tanpa adanya perayaan apapun, orang Vietnam suka masang bendera negaranya.
They're the ones w/ a high sense of nationalism.
Landmark kota Saigon di depan Benh Than Market
dan di sinilah  kawasan backpacker berada
Bunga-bunga dimana-mana
Vietnam juga punya Notredame church
Jalanan yang bersih dan luaaaas

Tapi suasana kota yang mulai maju dan penuh bunga ini gak bakal ditemuin di antara taun 1957 sampe 1975. Selama tahun-tahun tersebut, masyarakat sipil Vietnam hidup dalam teror dan keterpurukan akibat perang dingin antara dua kubu ideologi besar yaitu komunis (Vietnam Utara) dan liberal  (Vietnam Selatan). Perang saudara ini dikenal dengan nama Perang Vietnam atau Perang Indochina Kedua (sumber : Wikipedia). Perang dahsyat ini diakhiri dengan angka korban yang dahsyat juga, yaitu lebih dari satu juta jiwa!


Perang diakhiri dan Vietnam bergabung menjadi sebuah negara dengan kebangsaan yang utuh pada tahun 1976. Dulu jamannya kuliah, ada sebuah foto yang sering banget di bahas di mata kuliah Analisis Visual. Di foto itu diliatin sebuah subjek anak kecil yang lagi lari di tengah suasana perang gak pake baju sehelai pun setelah terkena luka bakar. Nama anak itu adalah Kim Phuc dan ketika foto itu diambil seorang fotografer perang bernama Nick Ut, Kim Phuc masih berusia sembilan tahun. Foto itu mendapat penghargaan Pulitzer dan jadi simbol yang paling diinget tentang Perang Vietnam. Ini adalah beberapa cuplikan kejadian yang saya temuin di Wikipedia beberapa saat setelah foto itu diambil. Lucky me, saya bisa liat foto itu langsung di War Museum kota Saigon...


Ini adalah salah satu gambaran betapa mengerikannya Perang Vietnam
'The Girl in the Picture', Kim Phuc yang sekarang tinggal di Ontario, Kanada
bersama suami dan kedua anaknya
Beberapa foto lain yang sering dibahas pas saya masih kuliah
Janin 'hasil' radiasi bom akibat perang
Sisa-sisa pesawat Amerika peninggalan perang yang masih ada di War Museum


Seperti yang selalu saya saranin di post sebelumnya, pergilah ke museum setempat buat mengenal suatu kota atau negara. Terlepas bagus ato enggak penataan museumnya, seenggaknya kita bisa dapet informasi tentang kejadian masa lalu di tempat tersebut dan bisa lebih mengapresiasi apa yang telah dimiliki sekarang.




Okay folks, post selanjutnya berlanjut masuk ke Kamboja bakal cerita tentang chill-nya kota Phnom Penh dan breathtaking-nya Angkor Wat di Siam Reap mohon ditunggu beberapa waktu ya, saya lagi sakit nih. Uhuk uhuk! See you next post!

No comments:

Post a Comment