16.1.13

Jayagiri, Bandung : Retreat In The Woods


Halo! Tanggal berapa sekarang? Oh cuma nunda nulis post ini 17 hari ternyata hahha.
Weekend terakhir di tahun 2012 kemaren, saya pulang ke Bandung. Saya pulang karena saya punya sepatu outdoor baru hahhaha ngegantiin si Skechers, satu-satunya sepatu lari yang pernah saya punya dan udah wafat itu. Selain karena emang pingin ngerayain malem pergantian taun bareng keluarga (niat awalnya), saya pingin ngejajal ketangguhan sepatu baru itu dengan hiking. Ini sih lebih tepatnya pingin ngejajal kemampuan badan yang semakin berat juga (T_T). Janjianlah saya dengan Randi dan Arip buat hiking di Hutan Jayagiri yang dibablasin sampe Gunung Tangkuban Perahu di hari Senin tanggal 31 Desember 2012. 

Janjian awalnya adalah kita bakal ketemuan di Terminal Ledeng jam enam pagi. Tapi biasalah, anak-anak periang gemar olahraga ini terlalu rugi kalo bangun kepagian di hari libur, akhirnya molor jadi jam delapan pagi start-nya. Dari Terminal Ledeng, naik angkot putih dulu jurusan Lembang dan nitip ke abang angkotnya buat minta diturunin di gang menuju Hutan Jayagiri. Iya, jadi dari jalan raya Lembang  menuju gerbang hutan harus jalan kaki dulu kurang lebih 3km dan jalannya cukup miring nanjak. Yaa itung-itung pemanasan. Belum apa-apa udah huh-hah huh-hah kecapekan, jadi keingetan obrolan di angkot sama bapak-bapak seumuran kakek saya kali ya kalo masih hidup, dia sering ke Tangkuban Perahu lewat jalur Jayagiri jalan kaki. Buseet gengsi dong kalo kalah sama si bapak jagoan jalan. Akhirnya walo dengan jurus "santai aja lah ya jalannya, foto-foto dulu", nyampe juga di pintu gerbang Hutan Jayagiri.

Welcome welkomm bengeut welkom

Sebelum mulai masuk ke hutan yang berjarak kurang lebih 17km dari pusat kota Bandung ini, saya Randi Arip istirahat duduk-duduk dulu, cuci muka pake air super dingin di kamar mandi umum dulu, kabita jagung bakar dulu, foto-foto (lagi) dulu, check-in socmed dulu, kenalan sama aa 'Trenslen' dulu, ya ngapain kek dulu. Setelah ngerasa siap, bayar HTM lima ribu (mungkin ada tambahan biaya parkir buat yang bawa motor atau mobil), lalu hiking pun dimulai. Gak rugi sih harus bayar uang retribusi karena hutan ini emang bersih dan keliatan dirawat sama pengelola. Udah gitu juga sepi padahal itungannya masih hari libur akhir tahun. Selain Randi dan Arip, hikers yang saya temuin di sepanjang trek cuma si aa 'Trenslen' sama kabogohnya. Saya simpulin mereka itu pacaran karena saya sempet nge-gep si aa 'Trenslen' lagi ngegelitikin pinggang ceweknya. Duh ini gak penting juga sih diceritain, nyesel ya baca? HAHAHA.

Berdasarkan pengamatan saya pas hiking di sana, vegetasi Jayagiri ini didominasi pohon pinus dan karet. Beberapa kali ketemu juga sama petani getah karet.  Trek hiking cenderung landai tapi di sebagian trek harus butuh effort lebih besar buat jalan karena kemiringannya sampe 45-50ยบ. Suasananya yang cenderung sepi dan udaranya yang segerrr bikin saya ngelist tempat ini jadi salah satu tempat paling tenang se-Bandung Raya, tempat wisata termurah dan jadi salah satu tempat favorit saya juga di Bandung. Oke, saya mau nyetel lagu "I Can See Clearly Now" -nya Jimmy Cliff dulu hehehe. Oh iya, sekedar info, tempat ini terletak 1.250 meter di atas permukaan air laut. Kebayang lah ya sejuknya.


Tanjakan pertama
Perkebunan karet
Getah karet
Cool as...
Kenapa pohonnya pada miring gini yak?

Setelah sekian waktu kita gak ketemu ras manusia lainnya, akhirnya ketemu lagi sama si aa 'Trenslen' dan pacarnya yang lagi istirahat di warung Indomie (tetep yeee sengerasa kerennya kita udah jalan jauh di tengah hutan, tukang Indomie ini selalu ada dan selalu lebih keren dari kita tenaganya). Kita mutusin buat lanjut jalan dan gak istirahat dulu ngikutin si aa 'Trenslen' dan pacar, lalu si aa pun ngutip dari film 5cm yang dialognya sampah itu... "Inget dari film 5cm!" katanya. Lalu dia ngelanjutin "Kalo capek bilang ya, jangan gengsi...inget! Jangan gengsi!" EAAAAA hahaha. Yuk ah babay, tipayun heula.
Gak jauh jalan dari warung Indomie, kita nemuin dua rute bercabang dan sempet kebingungan mutusin mau milih rute kanan atau kiri. Pelajaran buat lain kali, googling dulu tempat yang mau dikunjungin sebelum berangkat, cari info! hahaha. Akhirnya dengan ber-bismillahirohmanirohim, kita milih rute yang kanan. Jeng jengg ternyata itu rute klasik yang banyak trap-trap tanjakannya dan kebetulan lagi berlumpur. Kalo mau rute yang landai, seharusnya milih yang kiri, ngikutin jalur pipa air. Ya udah lah gak papa, kita kan adrenaline junkie, prettt! Kan lagian niat awalnya hiking ini adalah nguji si sepatu baru, jadi sok-sok hepi berlumpur-lumpur (dan sempet kepeleset sekali), tapi emang beneran hepi sih.

Ternyata rute kanan ini dipake buat trek motor trail juga, pantes becek. Dan setelah jalan sekian lama sampe akhirnya ketemu jalan aspal lagi, kita botram dulu deh. Makan roti, minum susu dan ditelpon mama Arip. Aduh Arip ini so swit banget sama mamanya, apasih. Lalu perjalanan dilanjutin teruuuuuusss sampe nemu palang selamat datang di Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu dan kita harus bayar 12ribu lagi. Iya, itu harga HTM nya Tangkuban Perahu sekarang. Duerr baru deh ke-chaos-an traffic Bandung dimulai lagi di sini. Muacettt bos! Kayak ambience-shocked aja gitu dari suasana super tenang ke suasana tan-tan tin-tin berisik bunyi klakson dan bau karbondioksida lagi. Akhirnya kita mutusin buat makan dulu deh sebelum ngelanjutin naik Tangkuban Perahu, lagian udah siang juga. 

Geng sepatu baru
Setelah bertenang-tenang botram ini...
...jeng jengg langsung kaget ngeliat orang sebanyak ini di Tangkuban Perahu

Hiking ini dilanjutin sampe puncak Tangkuban Perahu. Randi dan Arip udah lama gak ke sini, jadi mreka bilang excited tapi kalo saya jujur aja, saya ke tempat ini dua kali taun lalu dan saya dateng pas sepi sekali dan suasana kayak gitu jauh lebih nyenengin buat saya. Tapi tetep semangat dong nguji sepatu barunya haha. Sayang banget, waktu itu trek turun ke Kawah Ratu-nya lagi ditutup, asep kawahnya lagi tinggi dan turun hujan. Saya jadi ngebayangin kalo Tangkuban Perahu meletus, abis kali yah Bandung, tinggal nama doang. Hush! Yaudah, berhubung gak bisa turun, kita ngambil rute yang naik ke gua pertapaan dan Air Keramat Cikahuripan. Misteri kenapa air ini bisa keramat belum dipecahin sampe sekarang, yang jelas sih kita nemu pipa airnya hahaha. Ya silahkan percaya bagi yang percaya.

Sepanjang nelusurin rute yang sama pas pulang, ujan rintik-rintik turun gak brenti. Kita dijemput dan udah ditunggu temen-temen dari Jakarta yang pada mau taun baruan di Bandung di pintu gerbang bawah, yang jaraknya masih 3km lagi dari posisi kita waktu itu. Akhirnya nyerah, naik ojek huahaha. Yasudah deh sesampenya di mobil, kita kembali ke dunia nyata lagi. Bandung yang kacau balau kalo hari libur. Selamat datang dan selamat menikmati!


Kawah Upas yang masih aktif 
Jagung bakar :-9
Gua pertapaan dan kultur gadget
Jalur turunnya lagi ditutup
Nyerah jalan dan jadi ngerasain naik motor lagi di daerah ini

Akhirnya malem pergantian taun saya cuma di rumah, selimutan di sofa sambil nonton maraton The Big Bang Theory, sementara orang-orang rumah pada keliling kota. Yaay home alone!


Nb: Yang dimaksud dengan 'Trenslen' pada si aa 'Trenslen' adalah...karena Sunda pisan, si aa itu ngelafalin brand 'Transline' (salah satu jasa travel Bandung-Jakarta yang poolnya di Semanggi) dengan kata 'Trenslen' dan suaranya itu...masih...terngiang...sampe...sekarang. Sekian.

2 comments:

  1. Mantap Viet, gue rencana mau kesini juga, BTtw ni lo hiking berapa jam kira2 dari start sampe tangkuban parahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Reck, sorry telat bgt responnya..
      ini gw brangkat dr jam 8an nyampe skitar 3-4 jam kmudian di Tkb. Perahu

      Delete