20.10.12

Pesawaran, Lampung : Survived Without Blackberry

Hahaha norak ya judulnya? Biar, buat saya itu prestasi. Crap!

Halo dulu sebelumnya, apa kabar? Saya sekarang lagi pulang ke Bandung dan seperti biasa gak mau ngapa-ngapain slain hangout sama orangtua saya, dan sekarang masih jam nya ayah saya kerja, mama saya bobo siang, abang saya lagi pelesir ke Bali, dan saya tau informasi ini agak gak penting hahahaa. Yaudah intinya saya lagi Bandung karena kangen rumah dan udaranya.

Okay, saya mau bercerita tentang sebuah kabupaten bernama Pesawaran di Provinsi Lampung. Saya berangkat ke sana bulan September lalu bersama temen-temen yang random. Awalnya diajakin seorang temen fotografer bernama Indra yang saya kenal waktu kita ngerjain sebuah proyek bareng. Trus saya ngajakin temen lainnya dan cuma ada dua orang yang berminat gabung, satu temen kantor dan satu lagi temen Semarang saya. Sisanya adalah temen-temennya Indra yang saya kenal pas hari H keberangkatan. Berangkatnya Jumat malem dan pulang hari Minggu malem, jadi cukup cepet tripnya tapi puaaas. Buat menuju kesana, dibutuhkan sekitar dua jam perjalanan darat dari kawasan Benhil ke Pelabuhan Merak, tiga ato empat jam penyebrangan Selat Sunda diantara pulau Jawa-Sumatera dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni-Lampung lalu dilanjutin perjalanan darat lagi sekitar tiga jam buat menuju ke Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Pesawaran. Eitss, belum beres sampe di situ, masih dilanjutin nyebrang lagi pake kapal kecil dari Ketapang buat menuju sebuah pulau bernama Kelagian Besar sekitar 15-30 menit, barulah akhirnya sampe dan di sanalah tenda didirikan. Jadi total perjalanan ditambah estimasi nunggu pengaturan kapal ferry di Merak adalah 11 jam. Damn huge Indonesia!

Suasana pagi di atas deck ferry
Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Pesawaran, Lampung
Hamparan pasir putih dan pantai bergradasi di Pulau Kelagian Besar

Sesampenya di Pulau Kelagian Besar hari Sabtu menjelang siang, saya dan temen-temen langsung siap-siap buat hoping islands dan snorkeling. Capek sih pasti, tapi kan udah puas tidur sepanjang perjalanan lagian waktu buat trip ini kan gak banyak nginget semua adalah pekerja yang gak mungkin bolos massal hari Seninnya hehe. Ada dua elf yang berangkat dari Jakarta, jadi ada dua kapal tongkang (eh bener gak sih ini sebutannya buat kapal nelayan itu?) yang di sewa dan berarti ada dua guide juga. Pulau pertama yang dituju buat dihoping, dohh maksa bahasanya haha, adalah Pulau Pahawang. Let me be honest, di sini saya agak kurang mengamati keindahan dunia bawah airnya karena saya sibuk foto-foto underwater. Nyesel kenapa harus terlalu narsis!! Karena saya baru beli kamera underwater lagi setelah hampir setaun semenjak kamera lama yang saya destroy ampe LCDnya retak hahaha. Jadi semacem pingin uji coba gitu...dan kesimpulannya adalah keputusan buat beli kamera underwaternya Panasonic Lumix dengan lensa Leica itu adalah keputusan yang bijak dengan harga yang bijak juga, terutama buat yang suka outdoor activity dengan budget pas-pasan kayak saya. :-)

Hai :-)

Next island adalah Tanjung Putus. Di sinilah saya ngalamin sedikit accident karena ke sok tau-an saya gak mau pake fin hehe. Saya gak mau pake fin karena emang gak suka. Jadi saya kepeleset dari kapal udah gitu ketusuk bulu babi. Tapi saya jadi belajar buat : satu, jangan sok tau medan, karena ternyata ada buanyakk bulu babi di pulau ini dan air gak terlalu dalem jadi jarak karang dan permukaan air laut itu sangat dekat. Dua, jadi jangan males pake fin. Oleh-oleh dari pulau ini ada tiga lebam cantik berwarna biru keunguan di kaki dan tiga cucuk bulu babi yang nancep dalem di kaki tapi kayaknya sekarang sih udah ilang dengan sendirinya. Shit happen will always happens anytime anywhere. Tapi diantara kesialan itu, pulau yang ini jauh lebih bagus dibanding sebelumnya dan mulai memancing minat saya buat bersungguh-sungguh snorkeling. Airnya berwarna tosca dan dasar lautnya lebih terlihat transparan dibanding Pahawang. Jadi dari awal nyampe juga udah terwow-wow gitu :-o Setelah puas berenang, naik kapal lalu makan siang deh dengan menu nasi rendang sayur. Nyammm!

Cuplikan underwaternya Pulau Tanjung Putus
Cukup puas sama kualitas gambar kamera Panasonic Lumix

Ada tiga pulau yang rencananya bakal disinggahin hari itu, dan pulau terakhir buat menutup hari yang udah semakin sore adalah Pulau Kelagian Kecil. Nah di sini sih saking keasikan berenang dan snorkeling, ampe lupa foto-foto malah hahaha. Lalu kapal-kapal kita segera balik buat ke Pulau Kelagian Besar sebelum matahari bener-bener tenggelam. Karena di pulau itu belom ada listrik, jadi kita harus buru-buru mandi sebelum hari gelap. Di pulau itu ada jenset sih, tapi dengan power rendah dan jam 12 malem harus dimatiin. Kebayang dong rebutannya berbelas-belas orang dengan masing-masing punya lebih dari dua gadget yang batrenya butuh dicharge semua dengan hanya ada dua colokan listrik. Saya emang udah niatin gak mau ngaktifin bb dan lebih mentingin ngeabadiin momen, jadi dengan tangkasnya saya langsung nyerobot colokan listrik buat menuhin isi batre kamera huahaha.

Malem harinya, setelah kenyang makan malem ayam bakar dan sambel terasi yang luar biasa nikmat itu, ditemenin api unggun, gitar, dan bir di pulau sepi itu saya nyoba ngakrabin diri sama temen-temen baru saya. Cape nyanyi-nyanyi, ngobrol-ngobrol, nyobain otot testikel fresh seafood bernama Kima, main game dan ketawa-ketawa, kita semua ketiduran di atas pasir anget, masih di luar tenda dan langsung di bawah langit yang bulan purnamanya lagi bersinar teraaang. Aduh what a life.......sampe akhirnya saya kebangun karena ngerasa lagi diomongin orang, dan ternyata pas saya bangun mungkin sekitar jam empat subuh, cuma tersisa saya sendirian dooong yang tidur di situ! Tetottt! Dan di sekitar saya ada beberapa penduduk setempat yang lagi ngegedein api unggun sambil ngeliatin saya dengan muka iba. Mungkin kasian ada cewe sendirian ditelantarkan, dibiarin, gak dibangunin temen-temennya buat pindah ke tenda, sialan ahaha.

Testicle muscle of Kima for dinner, anyone?

Tenda yang kutiduri cuma dua jam...

Minggu pagi harinya, walo tidur saya mayan kebluk, thanks God saya bukan orang yang terakhir bangun. Ya emang orang kedua terakhir, tapi yang penting bukan yang paling akhir. Yess! Setelah tas dan tenda terkemas, ganti baju renang lagi dan sikat gigi (ini penting ini!), kita semua langsung bergegas ke pulau selanjutnya buat snorkeling bernama Pulau Tegal. I must say that island was the most beautiful than others a day before! Lokasinya di balik tebing gitu, jadi kayak semacam hidden place. Sedikit ngingetin saya sama surrounding Phi Phi Island di Thailand. Tapi yang ini jauh lebih bagus dong dunia underwaternya! Phi Phi mah lewaaaat, cihh! Hahaha! Terumbu karang di Pulau Tegal ini kurang lebih sama kayak di Karimunjawa, tapi emang selama hoping islands di Pesawaran ini saya belum nemu kawasan yang ikan-ikannya ampe ratusan. Kalo buat yang satu itu, belom ada yang bisa ngalahin Karimunjawa lah dari sekian tempat yang pernah saya kunjungin buat snorkeling. Balik lagi ke cerita Pulau Tegal, bener deh saya terbuai sama keindahan terumbu karang dan airnya yang transparan. Saya juga nyobain makan fresh bulu babi karena penasaran, ternyata enyakk, rasanya mirip kerang. Semoga ini bukan aksi kanibalisme ya, nginget masih ada tiga cucuk bulu babi di dalem lapisan kulit telapak kaki saya. Seinget saya, di pulau ini lah kita snorkeling paling lama, khususnya orang-orang dari kapal saya. Soalnya kapal yang satunya udah caw duluan hehe. Maaf ya maaf lama! :-p

Aduh mamaaa, speechless...
Pagi hari motret pas keluar tenda
Clearrr water
Gak tau nama terumbu karang yang ini
Brain coral di Pulau Tegal
Blue starfish
I love this color
Ikan-ikan dimana-mana

Hoping pulau selanjutnya sebelum bersayonara dengan kawasan Pesawaran adalah Gosongan Tegal. Seperti pulau-pulau berawalan 'gosongan' lainnya, di pulau ini gak ada apa-apa selain hamparan pasir putih luas yang tiba-tiba nongol di sekitar air laut. Ini semacem pulau buat pendinginan setelah ngelaluin rangkaian keseruan hoping islands dan snorkeling. Jadi kegiatan di pulau itu adalah foto-fotooooo. Dan selanjutnya menuju Pantai Klara buat mandi. Pantai ini adalah pantai komersil yang memungut HTM dan biasanya jadi tempat wisata warga Lampung kalo lagi weekend. Hari itu hari Minggu, serame-ramenya orang di tempat itu, ternyata masih ramean mall di Jakarta kalo weekend. Bisa disimpulin, Lampung termasuk provinsi yang tergolong sepi dan warganya banyak yang pendatang. Jadi dialek ngomongnya pun beragam.

Berburu bulu babi (padahal cuma satu doang)
Sok-sokan nyari
Semoga ini bukan tindakan yang salah, tapi saya emang penasaran
bulu babi itu enak dimakan ato enggak, dan ternyata enaaak
Yeh right

Setelah semua beres mandi dan mobil elf yang ngejemput kita dateng, kita semua langsung menuju Teluk Betung, Bandar Lampung buat makan siang. Sepanjang perjalanan merhatiin bangunan-bangunan dan semuanya punya tanda yang menurut saya aneh di atapnya. Ternyata namanya Siger. Dan itu tertulis di perda setempat tentang keharusan bangunan-bangunan di Lampung memasang Siger di atapnya, mungkin itu salah satu usaha pemerintah daerah buat ngelestariin warisan budaya dan nunjukin identitas Provinsi Lampung ya. Sesampenya di sebuah restoran seafood di Teluk Betung, kita semua kalap makan, enaaaak banget. Dan bill dari 13 orang yang makannya bak gorila itu cuma 840ribu!! Bayangin enam porsi kepiting totalnya cuma 132ribu! E-nam-por-si! Aduh maaf lebay. Tapi iya itu surprising price banget buat saya, ngebandingin sama harga seporsi kepiting seafood Benhil yang sekarang udah 150ribu, ini enam dooong. Masih mahalan harga empat botol besar bir yang kita pesen hahaha.

Trip buddies

Beres tercengang-cengang sama kenikmatan rasa dan murahnya harga seafood yang kita makan, beberapa orang ada yang menuju ke tempat oleh-oleh dan beberapa nunggu di mobil. Tempat oleh-oleh yang kayaknya cukup terkenal (berdasarkan ramenya pengunjung yang saya amatin) bernama Manisan Yen Yen, dan sesuai namanya udah dipastiin ownernya adalah orang Arab. Bercanda. Oleh-oleh khas yang umumnya dibeli di kota ini adalah keripik cokelat, sambel udang, kopi dan cemilan kemplang. Dan lagi-lagi harganya jauuuh di bawah harga oleh-oleh makanan umumnya di Pulau Jawa. Betapa oh betapa mahalnya biaya kehidupan di kota metropolitan. Beres belanja langsung menuju Pelabuhan Bakauheni buat balik ke Jakarta. Dadah-dadah deh sama Pulau Sumatera. Sampe jumpa lagi yaaa...

Itu loh yang namanya Siger

Karena udah capek, kita mutusin buat ngeluarin biaya tambahan buat duduk di kelas eksekutif di kapal ferry. Gak mahal, cuma nambah lima ribu. Dan ternyata kebiasaan lama saya kalo naik kapal besar tapi gak ngeliat bentuk air lautnya terulang lagi, eikeu mabok laut, pemirsa! Huek norak!

Ruang tunggu eksekutif kapal ferry Bakauheni-Merak

Aduh menyenangkan sekali experience jalan-jalan ke Pulau Sumatera itu ternyata. Itu pengalaman pertama saya, dan saya bakal balik lagi dalam waktu dekat. Lampung termasuk daerah yang unpredictable buat saya ternyata punya spot yang bagus. Mungkin beberapa udah pernah denger dan tau Dolphin Point di Kiluan ato penangkaran gajah di Way Kambas, yang dimana saya juga belum kunjungin (mungkin next time), tapi sedikit orang yang tau tentang keindahan Pesawaran ini...jadi saya ngerasa beruntung. :-)

See you again on the next new experience!