20.6.12

Malaysia : So, Is This The End?

Halo yang ada di balik layar sebelah sana, apa kabar? Baik? Ohh bagus bagus. Sama, saya juga baik dan sehat. Bagus-bagus. Gak kerasa ya empat bulan udah berlalu semenjak sesampenya saya di Indonesia setelah trip sebulan di SE Asia yang penuh memori itu berakhir. Dan post yang ngebahas tentang Malaysia ini adalah post terakhir dari rangkaian enam post di lima negara yang udah saya tulis sebelumnya yaitu : Vietnam, Kamboja, balik ke Vietnam lagi, Laos, dan Thailand. Tapi enggak kok setelah post ini saya gak bakal berhenti nulis. Kayaknya saya mulai jatuh cinta sama menulis dan bakal terus ngaktifin blog ini. Just found out, writing is a joyful experience for me :-) Mungkin ada beribu traveler yang udah ngulas tentang negara-negara yang pernah saya kunjungin. Mungkin aja saya basi, terserah!! *banting buku hehehe. Eh tapi saya percaya kalo setiap momen yang ditangkep di setiap kepala orang itu layak lho buat diceritain. Dan dengan sharing cerita, siapa tau aja ada yang terinspirasi buat ngelakuin hal yang lebih hebat. Iya gak? blog kan media bebaaas merdeka buat siapapun cerita apa pun. Setuju gak? Setuju aja ya? Ya??

Dan oke, ijinin saya buat balik lagi ke hari itu yaa..

Hari dimana menjadi pengalaman kedua saya mendarat di LCCT Kuala Lumpur Malaysia. Aaaaa oh no! Ini kota adalah destinasi terakhir sekaligus jadi rumah saya dan Hani buat lima hari ke depannya. Di dua hari pertama, saya dan Hani seperti biasa bakal stay di kamar dormitory backpacker hostel tapi di hari ketiga itu mamanya Hani bakal nyusul ke Kuala Lumpur bareng dua orang temennya, jadi saya dan Hani bakal sehotel dengan mereka. Dari LCCT dilanjutin naik bus seharga 8RM menuju ke KL Center, pusat kota Kuala Lumpur. Nahhh PR adalah pas nyampe KL Center itu selain saya dan Hani gak tau arah harus naik apa dan gimana caranya, tiba-tiba turun ujan cukup besar. Akhirnya berbekal alamat hostel yang udah kita buking sebelumnya, google map, dan beberapa kali nanya orang...sampelah kita di hostel yang aduh kenapa saya bisa lupa namanya ya hahaha, yang jelas hostel itu punyanya sebuah keluarga India yang berlokasi di kawasan Chinatown deket stasiun LRT Pasar Seni. Saya dan Hani sampe di hostel itu menjelang sore hari, langsung check in dan beristirahat sebentar. Malem itu diabisin di hostel aja, kenalan sama beberapa temen dorm dan dinner di kawasan Chinatown. Oh iya, kira-kira pas jam sembilan malem temennya Hani, seorang cewek Rusia yang sekarang kerja di Singapur dateng dan stay di kamar dorm yang sama. 

Backpacker hostel pas di Kuala Lumpur itu sangat hommy. Keluarga India pengelola hostel juga ramah banget, fasilitas hostel yang kita dapetin selain free wi fi dan komputer yang bisa dipake siapa aja adalah free breakfast. Kamar mandi dan toiletnya juga cukup banyak, jadi gak perlu ngantri. Selain itu, mereka juga nyediain kitchen buat yang mau masak sendiri ato cuma sekedar nyeduh teh dan kopi yang mereka suguhin secara cuma-cuma. Di dapur itu emang tempat paling asik ngumpul sih, sambil ngopi sambil ngegosip dengan temen-temen traveler lain hehehe. Kita bisa make piring gelas sesuka hati asal ntar jangan lupa dicuci sendiri pas udah beres dipake. Ada juga semacem convenience room dengan sofa yang nyaman buat males-malesan. Jadi bener-bener kayak di rumah lah suasananya. Oh iya! hostel itu juga jadi pengalaman pertama saya di mana saya harus masukin password setiap mau masuk ke dalemnya, jadi cukup aman. Dua hal yang jadi kelemahan dari hostel tersebut : 1. kalo menurut saya, satu kamar dorm itu isinya terlalu banyak karena ada sekitar sepuluh kasur tingkat, jadi ada 20 orang di tiap kamar dan 2. kayaknya ranjangnya udah cukup tua jadi selalu ngeluarin bunyi annoying tiap ganti posisi tidur. Akhirnya ear plug saya berguna juga hehehe.


New friends, old friends, new things, old things, anything!

Malem pertama saya di hostel langsung kenalan sama temennya Hani yang cewek Rusia itu dan sepasang kakak beradik dari Kanada. Besok harinya kita berlima trip bareng deh. Tempat pertama yang jadi tujuan adalah Batu Cave. Berangkat dari hostel sekitar jam sembilan pagi, jalan kaki sampe stasiun LRT Pasar Seni. Dari stasiun ini untuk menuju ke Batu Cave harus dua kali naik kereta. Yang pertama turun di KL Central, ganti kereta, terus berhenti di stasiun Batu Cave. Sama seperti Thailand dan Singapur, gak perlu ngekhawatirin transportasi kalo di Malaysia. Khususnya di KL. Soalnya sistem informasinya jelas dan bahasa juga mudah dipahamin orang Indonesia karena menggunakan bahasa Malay. Jadi kalo nyasar, jangan segan nanya orang ato yaa gampangnya sih tinggal buka om gugel map. 

Sesampenya di Batu Cave, kita berlima langsung eksplor hampir setiap cave yang ada. Cave pertama yang kita kunjungin adalah Ramayana Cave. Buat masuk ke cave yang ini harus bayar 1RM ato sekitar 3000 rupiah. Di dalem cave itu banyak patung-patung yang nyeritain sebuah kisah. Cuma saya gak yakin ceritanya itu tentang kisah Ramayana. Gak ada guide di sini, jadi saya kurang paham juga. Berdasarkan info dari si kakak Kanada, kurang lebih ceritanya itu kayak Gulliver yang nyasar di negeri liliput. Gak tau itu bener ato cuma gara-gara ada patung raksasa yang mirip Gulliver terus dia ngarang cerita itu, karena saya orangnya kadang oon jadi waktu itu sih saya percaya-percaya aja hehe. Walhasil orang dateng ke cave ini yaa cuma buat foto-foto doang. Setelah bosen ngecapture segala hal di cave ini pake kamera, akhirnya kita beranjak buat ke cave selanjutnya, yaitu Batu Cave itu sendiri. Kalo buat ke cave ini, gak dibutuhin biaya tiket masuk. Tapi kita harus cukup bercapek-capek dengan naikin lebih dari 200 anak tangga buat sampe ke puncaknya. Setelah sampe di atas, beli sekaleng Coca-Cola langsung terbayar kok semua capeknya hehe. 

gerbang Ramayana Cave 
ini Guliver-Guliver an asal India
KL dorm mate

Di puncak Batu Cave itu ada temple buat umat Hindu sembahyang. Jangan heran, dateng ke tempat ini tuh feelingnya kayak lagi di India. Karena selain pengunjungnya banyak yang orang India, souvernir-souvenir yang dijual pedagang di sekitarnya juga berhubungan sama kultur India. Dari mulai makanan sampe aksesoris-aksesoris etnik yang lucu-lucu. Karena weekend, jadi Batu Cave cukup padet waktu itu. Setelah ngejelajah tiap sudut di tempat tersebut, kita berlima beranjak ke cave selanjutnya yaitu Dark Cave. Sesuai namanya, dari luar aja udah keliatan kalo cave ini gelap dan butuh senter buat masuk ke dalemnya. Soalnya tempat ini adalah adalah kawasan konservasi buat serangga khususnya laba-laba. Tempat ini juga jadi salah satu habitat laba-laba terlangka di dunia yaitu Trapdoor Spider. Harga tiket sekitar 32RM. Karena saya udah kecapekan eksplor cave-cave sebelumnya dan saya juga bukan fans dari serangga, saya mutusin buat duduk aja di luar. Eh taunya yang lain juga males buat masuk ke dalem hehe, yaudah akhirnya kita duduk-duduk aja sambil ngadem karena di tempat itu emang hawanya sejuk. Mungkin karena di dalemnya lembab kali yah.

Batu Cave
harus rela capek-capekan naik tangga yang lumayan banyak
Dark Cave
manisan-manisan asal India

Beranjak dari Batu Cave, saya dan Hani udah mau mencar dengan tiga orang lainnya soalnya kita janjian dengan Emir, temen SMA kita yang masih stay di KL, di siang harinya. Supaya gampang, kita janjian di mall KLCC. Taunya yang lain juga pada mau ikut, yaudah akhirnya berlima menuju KLCC buat lunch. Dari Batu Cave ke KLCC itu juga perlu dua kali ganti kereta LRT. 

Sesampenya di KLCC, kita langsung menuju foodcourt di lantai empat buat lunch. Mall KLCC ini sangat terkenal karena di sinilah menara Petronas berada, landmark Malaysia yang gambarnya dipastiin hampir selalu ada disetiap souvenir Malaysia yang dijual hehe. Menu makan siang saya waktu itu Nasi Lemak. Seberes makan siang, si cewek Rusia mau muter-muter KL sendirian sedangkan si kakak beradik Kanada mau nonton ke bioskop. Akhirnya kita jadi mencar di sana. Saya dan Hani nunggu Emir di dalem mall sambil window shopping. Emir bilang dia bakal dateng ke mall itu sekitar jam dua siang, tapi taunya dia telat dan baru dateng sekitar jam empat sore. Setelah Emir dateng dan kita lunch buat kedua kalinya hihi, kita bertiga cabut dari mall dan keliling-keliling KL pake mobil Emir tanpa tujuan. Oh iya! pas menuju ke tempat parkir, saya ketemu Retno, temen SD SMP SMA waktu saya masih tinggal di Semarang. Denger kabar baik di sana kalo dia dan saudara kembarnya bakal ngelangsungin pernikahan di waktu yang bebarengan. Huaa! Waktu di Singapur, saya ketemu sama saudara kembarnya gak sengaja dan sekarang ketemu lagi sama salah satu dari the twins gak sengaja juga. Padahal pas di Indonesia kita malah gak pernah ketemu gak sengaja kayak gitu lho. Setelah cabut dari mall dan muter-muter kota KL tanpa tujuan, akhirnya kita bertiga mutusin buat ke Taman Burung. Sesampe di sana taunya udah tutup hahaha payah ah.

Ke-gak-jelas-an saya, Hani, dan Emir akhirnya pingin kita udahin nih dengan mutusin mau makan di restoran Korea. Eh taunya hari itu entah kenapa di restoran Korea itu lagi gak jual menu Korea yang biasanya kata Emir itu ada. Dasar restoran gak jelas! Hahaha! Pindah restoran, ujung-ujungnya jadi makan sate. Tapi enaaak banget satenya plus ditraktir Emir :-D Seberesnya dinner hari itu, kita nyusun rencana besoknya mau kemana soalnya besok harinya mama Hani dan kedua temennya nyusul ke Malaysia. Jadi buat tujuan perjalanan besok harus bisa match sama pasukan ibu-ibu yang pastinya pada pingin hura-hura belanja. Kita mutusin buat pergi ke daerah Genting Highland. Jadi ibu-ibu bisa belanja di mallnya dan kita bertiga bisa puas main di themeparknya. Yes! Setuju! soalnya saya belum pernah ke sana. Malem hari itu sebelum di drop pulang ke hostel sama Emir, kita nyempetin buat foto-foto dulu di menara Petronas (jadi balik lagi ke KLCC jiaaah).

Sate Ayam :-9
Happy three friends


Back to be rich and spoiled brat :-p

Besok paginya, saya nanya ke pemilik hostel mungkin gak yah saya extend di hostel itu soalnya saya sempet ragu buat pindah hostel ikut Hani bareng mama dan kedua temennya. Taunya dorm udah full book, jadi harus ikutan pindah hostel. Akhirnya berkemas deh dan nitipin backpack dulu di hostel setelah check out. Saya dan Hani langsung menuju ke bandara LCCT buat ngejemput pasukan ibu-ibu. Ternyata saya dan Hani telat setengah jam dari semenjak pesawat pasukan ibu-ibu mendarat. Akhirnya kita lunch dulu di airport sambil nunggu Emir yang mau dateng ngejemput kita semua. Dan jenjeeeng lagi-lagi si Emiroo telat dateng ampe 2,5 jam. Untung dia orangnya pinter ngambil hati pasukan ibu-ibu, jadi gak ada yang bete deh semuanya senang. Sesuai rencana sebelumnya, dari LCCT langsung menuju ke Genting Highland.

Sesampenya di Genting, saya, Hani, dan Emir mencar sama pasukan ibu-ibu. Mereka milih ke mall buat belanja dan kita langsung menuju ke themepark nya. Hmm, pendapat sejujurnya tentang themepark Genting...garing banget permainannya! Hahaha! Tapi berhubung gak tau mau ngapain lagi, yaudah berusaha nikmatin aja. Kita bertiga sok-sok seru-seruan naik wahana paling bikin tegang yang sama ampe tujuh kali, padahal yaaa...sama Power Surge di Dufan aja kalah jauh. Payah kali lah themepark ini hihi. Beres main di themepark, janjian ketemuan sama pasukan ibu-ibu di dalem mall buat late lunch dan seberesnya dari Genting, langsung menuju ke hotel yang baru buat check in. Dan lagi-lagi saya lupa namanya! Ouch! Fasilitas di hotel yang baru ini juga cukup memuaskan. Apalagi akses dari lokasinya juga deket kemana-mana. Yang bikin sedikit repot itu karena wi fi nya harus pake voucher yang berlaku cuma sejam. Jadi harus sering bolak-balik ke resepsionis hotel buat minta voucher yang baru. Di hotel ini satu dormitory ada enam kasur, satu toilet, dan dua kamar mandi. Jadi karena total anggota trip bertambah tiga orang ibu-ibu, akhirnya kita nyewa satu kamar dorm khusus. Malem itu seberes Emir ngedrop di hotel, kita mutusin buat istirahat di kamar aja.

mall Genting Highland 
saya malah lebih tertarik sama pemandangannya daripada permainannya
ini permainan garing segaring-garingnya hahaha

Masih ada dua hari yang bingung mau ngapa-ngapain di Kuala Lumpur, oh my goodness. Saya bisa bilang gak ada lagi aktivitas pada saat itu karena emang cuma nemenin pasukan ibu-ibu belanja oleh-oleh. Saya masih bingung sama sistem oleh-oleh ciri khas orang Indonesia ini. Karena ujung-ujungnya uang dan pikiran banyak tersita karena terlalu repot mikirin oleh-oleh buat orang lain, malah jadi gak konsen sama si trip nya itu sendiri. Tapi itu pendapat pribadi saya ya, monggo kalo kurang setuju. Pada saat itu juga mungkin adalah titik jenuh saya sama trip ini. Badan mulai capek, feeling gak karuan antara pingin pulang ato ngelanjutin perjalanan karena sebenernya uang masih ada. Dan oh! yang terus kepikiran adalah sesampenya ntar di rumah, saya itu.....homeless n unemployed. Sebenernya baru saya sadarin itu sekarang, mungkin perasaan saya waktu itu adalah gejala awal 'travel blues syndrome' yang sejujurnya masih suka saya rasain ampe sekarang. Maksudnya, perasaan yang muncul pasca liburan ketika fisik itu ada di tempat tapi pikiran terlalu banyak rencana kemana-mana dan gak tau harus ngapain. Getting worse now... penyakit yang saya sebut travel blues syndrome ini udah mulai menjurus ke arah 'epiphany' sekarang. Yaitu perasaan yang secara sadar ada -bener-bener sadar-, dan punya keyakinan kuat kalo saya terlahir di negara yang salah. 

Ah, mungkin saya kurang mengenal negara saya sendiri. Aduh saya ngomong apaan sih? maaf curcol.

kamar dorm yang terakhir dari trip ini

Anyway, balik lagi ke sisa dua hari itu di Malaysia. Berhubung saya udah buntu ide mau ngapain dan uang masih banyak hahaha (bener-bener sisa banyak), tau apa yang saya lakuin? Saya ngabisin uang cuma buat cokelat dan permen dengan ngebayar jumlah ringgit yang gak masuk akal. Satu malam sisa terakhir, saya manjain diri saya dengan makan satu kotak boks penuh coklat di atas kasur sambil tiduran. Saya happy! tapi sedikit nyeselin itu sekarang. Karena ternyata setelah itu, angka timbangan saya secara konstan terus naik n belum pernah turun-turun lagi sejauh ini. Keborosan dan ketidakbijakan saya dalam menggunakan uang di sisa-sisa hari terakhir itu emang sejujurnya saya seselin ampe sekarang. Padahal kan sebenernya saya gak perlu ngabisin uang dalam satu waktu buat barang-barang yang gak perlu. Uangnya kan bisa saya tabung dan jadi modal buat trip selanjutnya. Huhuhu, coba aja ada time machine ya..saya mau ngirim diri saya sekarang buat nyegah si unwise Vieta yang kalap di Malaysia.

I blamed this store for every single fat in my body!
macarons...aduh!
coklat dan permen dengan jumlah harga yang gak masuk akal yang harus dibayar



Sambil ngelawan segenap rasa galau di hari-hari terakhir itu, saya balik lagi ke momen sebelum trip ini berlangsung. Sedikit gak real, pas saya mikirin itu semua. Sebulan sebelum hari itu, saya sedang panik tentang trip SE Asia ini sambil packing backpack 75 liter saya yang baru dibeli beberapa hari sebelumnya. Dan hari itu, malem terakhir saya di Kuala Lumpur, saya kembali mengemas backpack saya yang sama tapi beratnya tentunya udah bertambah beberapa kilogram. Saya nyoba meringkas apa yang saya rasain setelah ngelaluin semua pengalaman selama sebulan. Waktu itu saya mungkin lelah, tapi mungkin juga cuma kepanasan gara-gara udara. Yang jelas saya tau, saya beruntung, bener-bener beruntung punya kesempatan ngeliat sebagian kecil keindahan dunia, bertemu orang-orang seperjalanan yang udah punya pengalaman luar biasa sebelumnya, mengenal, belajar, dan saling bertukar budaya. Saya nemuin sebuah keluarga dari seluruh dunia. Saya datang untuk berpergian dengan seorang sahabat yang saya katakan sampai jumpa waktu itu di bandara di Jakarta sebagai seorang saudara.

Saya mau pulang dan saya senang.

Saya punya keluarga terhebat yang menakjubkan di dunia yang nunggu saya pulang ke rumah. Saya punya teman-teman yang nunggu saya di rumah buat saling berbagi cerita yang terlewati sambil saling bersulang segelas bir. Saya gak sabar ngerasain udara Indonesia pas saya jalan keluar bandara, saya sedikit aneh sama perasaan saya yang ini waktu itu, tapi iya saya bener-bener kangen udara Indonesia, bahkan saya kangen Jakarta! Saya gak sabar buat cepet-cepet ngelewatin jalan tol menuju kota Bandung selepasnya mendarat di Jakarta. Gak ada satu orang pun yang nyambut saya di bandara ternyata tapi gak apa-apa, saya langsung beli tiket bus Primajasa di bandara Soekarno-Hatta menuju Bandung. Saya inget, sunset di Cipularang hari itu luar biasa indah. Sinar matahari sore di sepanjang perjalanan seolah-olah ngasih saya pelukan hangat sambil bilang "Selamat datang di rumah, Vieta..." saya senyum dan menolak kemauan badan saya yang lelah buat tidur. Saya lebih milih buat nikmatin sisa perjalanan Jakarta-Bandung yang 12 kali lipat lebih berkesan daripada biasanya. Hari itu, tanggal 21 Februari 2012, perjalanan SE Asia saya berakhir. Terimakasih ya, Tuhan...buat kesempatannya.

salah satu siang yang cerah di tengah musim hujan di Malaysia



Saya gak punya tujuan lain di bulan Februari itu selain ngabisin waktu di tempat terbaik, di rumah orangtua saya di Bandung. Dan saya emang gak punya rencana lain selain konsen nyari kerja. Saya kembali bekerja sebulan kemudian dan domisili saya sekarang kembali di Jakarta. Saya juga kembali terjun di dunia advertising, salah satu bidang yang emang ada di proyeksi kepala saya di mana saya seharusnya bekerja. Sekarang kegiatan saya selain nenggelemin diri buat kerja, saya nabung buat petualangan besar berikutnya yang belum jelas kapan tapi saya percaya...in the near future :-)

Jadi, kalo ada pertanyaan..is this the end? No, absolutely not.
Ada yang berminat ikut?




No comments:

Post a Comment