9.5.12

Say Hallo Again to Vietnam : Long Way Up

Notes : Ada enam kota yang dilewatin sepanjang perjalanan Vietnam selatan ampe utara ini, jadi post nya akan sedikit panjang.


Malem terakhir di Kamboja itu luar biasa! Saya dan Hani harus extend semalem di Siam Reap karena keabisan tiket bus. Akhirnya malem terakhir yang gak terencana itu kita abisin dengan pergi ke Pub Street, hoping bar, mulai dari Red Piano, Temple Bar, dan ada sebuah bar yang paling terkenal di Siam Reap bernama 'Angkor What??' hahaha. Bar terakhir yang dikunjungi adalah Rooftop Bar, tipe bar ini adalah untuk chill out aja bukan buat dance. Jadi kita cuma ngobrol-ngobrol, milky way sambil nikmatin cocktail yang harga rata-ratanya cuma $1,5 aja hahaha gile, dan setelah ngelewatin sebuah momen, tiba-tiba ujan! Itu tandanya emang harus pulang ke hotel, soalnya bus saya dan Hani buat balik lagi ke Saigon, Vietnam bakal berangkat jam lima subuh dan jam udah menunjukkan pukul tiga subuh. Selain itu, seperti biasa saya dan Hani selalu last minute packing. Akhirnya malem itu kita lewatin tanpa tidur...

Bus berangkat tepat waktu, tidur sepanjang perjalanan, ngelewatin border antar negara yang sistemnya aneh itu lagi, dan nyampelah kembali kita di Saigon kurang lebih 14 jam kemudian. Halo, kita jumpa lagi ya Vietnam!



Saigon : Perjumpaan yang Kedua


Kembali lagi Saigon jadi tempat pemberhentian pertama dari rute selatan menuju utara di negara Vietnam ini. Karena udah pernah sebelumnya, jadi Saigon cuma semacem tempat transit aja semalem. Sesampenya pool bus, langsung jalan kaki menuju Nga Hoan Hostel (semoga gak salah nulisnya) yang sebelumnya udah kita buking melalui Hostel Bookers. Oh iya, ada dua portal hostel yang kita pake selama trip SE Asia ini, Hostel Bookers dan Hostel World. Kelebihan dari yang pertama itu, kita gak perlu bayar booking fee alias $0, tapi kelemahannya pilihan buat hostelnya gak terlalu banyak. Nah kalo yang kedua, pilihan banyak tapi harus bayar ekstra $2 buat booking fee.

Di dorm Saigon ini lah saya dan Hani kenalan dengan seorang cewek Canadian bernama Amanda yang berasal dari Halifax, Nova Scotia. Kayaknya ngobrol-ngobrol yang cuma beberapa jam aja itu bikin sebuah impresi baik tentang Indonesia buat Amanda. Soalnya dia langsung ganti rute dengan nge-skip Malaysia n ngegantinya dengan trip sebulan di Indonesia. Gile gak tuh? Kayaknya saya dan Hani bisa jadi ambassador yang bagus buat negara kita deh. Ada yang mau nge-hire? hehehe.


Nha Thrang : Sinar Matahari dan Khasiat Lumpur

Vietnam mulai nunjukkin keindahan alamnya di perjalanan dari Saigon menuju Nha Thrang. Oh iya, ada sedikit kisah sedih di sini. Jadi sebenernya saya dan Hani udah punya tiket menuju ke Mui Ne sebelum ke Nha Thrang ini, cuma karena kita harus extend semalem di Siam Reap jadi aja tiketnya harus diangusin huhu. Mui Ne itu bagus lho, jadi pasir di pinggir pantainya itu bertumpuk kayak semacem gurun. Coba search di Google deh. Tapi yang menyenangkannya, anggota trip ke Nha Thrang bertambah! Soalnya Hanh Chuoi pingin ikut hehe, jadilah kita bertiga pergi bareng.

Sleeper bus nya Mailinh yang super nyaman dan murah!
Pemandangan beragam sepanjang perjalanan Saigon - Nha Thrang :
1. Bukit berbatu
2. Sawah di sebelah kiri jalan 
3. Pesisir pantai di sebelah kanan jalan

Sesampenya di kota Nha Thrang kurang lebih sembilan jam kemudian dan hari udah malem, langsung nyari taksi menuju ke Backpackers Hostel. Di hostel itu kita udah ngebuking kamar dorm sebelumnya, tapi karena kesalahan pihak hostel taunya kamar dorm penuh. Akhirnya kita dipindahin ke private room yang kalo diitung jatohnya jadi lebih murah dari dorm sih, horee! Selain itu, dorm di hostel ini kebanyakan orang banget per kamarnya jadi (mungkin) agak kurang nyaman, sekamar itu ada 20 kasur. Abis nyimpen backpack di kamar, malem itu kita lewatin dengan pesta seafood sebagai late dinner, sebotol Saigon Green dingin dan segelas cocktail sebagai welcome drink. What a life!

Our supper : seafood steamboat with rice noodle
Saigon Green!

Besok harinya setelah sarapan di hostel, beach timeeeee baby! Yeah, pantai di Nha Thrang ini adalah pantai pertama saya dan Hani semenjak hari pertama berangkat mengarungi dunia SE Asia haha. Puas berjemur, main air dikit (soalnya ternyata pantai di sini bukan tipe yang bisa dipake renang dengan damai, terlalu banyak pasir di dalem ombaknya jadi ketelen mulu huft bete deh), foto-foto, dan ngeceng the beach boys dikit hihihi akhirnya kita bertiga pergi makan siang. Tanya coba dimana? KFC! Yihaaa soalnya lagi kangen makanan rumah. Loh?? haha. Beres dari pantai, sayang sekali kita harus check out hotel, soalnya estimasi waktu di kota ini emang cuma dua hari satu malem. Sambil nunggu bus malem yang bakal ngebawa saya dan Hani ke Hoi An dan Hanh Chuoi pulang ke Saigon, kita mutusin buat nitip backpack di hostel terus ngambil paket bath mud di agen travel sebelah hostel. Hahaha random banget ya? Daripada ke Vinnland yang mirip semacem Dufan nya Nha Thrang itu, kita lebih milih buat nyobain mandi lumpur dooong hahaha abis belum pernah sih.

Beach tiiiimeee :-)
Hampir di setiap tempat yang didatengin pasti ada 'pose' kaki kayak gini
Mandi lumpurnya literal banget, beneran mandi!
Fun time with Hani


Hoi An : Dinginnya Cuaca dan Hangatnya Cahaya Lentera

Malem harinya seberes mandi lumpur n ngerasa cantik dalam sekejap, hehe saya dan Hani nunggu sleeper bus ngelanjutin perjalanan ke utara split dengan Hanh Chuoi yang menuju arah selatan, balik ke Saigon. Dadaaah Hanh, can't wait to play with you again in the near future! Dan bus pun berangkat kurang lebih pukul setengah sembilan malem. Di dalem bus ini lah saya dan Hani berkenalan dengan seorang solo traveler Italia. Serunya ngobrol sama orang Italia itu mereka ngomongnya pake tangan, hehe. Jadi dari awal kenalan aja kita (bukan kita sih tapi lebih tepatnya Hani soalnya saya tidur hampir sepanjang perjalanan) udah ngobrolin banyak hal.

Sampe di Hoi An subuh-subuh, bener aja dong udaranya mulai mendingin. Bayangin saya cuma pake t-shirt sama celana pendek sepanjang perjalanan, soalnya kan Nha Thrang itu kota pantai jadi saya kurang persiapan jaket dsb. Maksudnya, jaket dan celana panjang gak saya taro di bagian teratas backpack saya. Males juga kan ngubek-ubek backpack di pool bus, akhirnya gerak-gerakin badan aja sambil nunggu jemputan dari hotel dateng. Singkat cerita, setelah tukeran alamat fesbuk sama si Italia buat janjian hang out ntar malemnya, shuttle bus hotel dateng, dan saya dan Hani langsung menuju Hotel Sunflower. Oh iya, di Hoi An ini kayaknya gak ada hotel yang nyediain kamar dorm deh, soalnya kita gak nemu di dua portal hostel yang biasa kita pake itu. Cuma tenang aja, harga rata-rata private room budget hotel di Hoi An itu tergolong murah kok, sekitar 6 - 15 Dollar. Untuk yang di Hotel Sunflower ini, saya dan Hani bayar sekitar $9 per malem dan itu udah termasuk buffet breakfast lumayan mewah dengan fasilitas wi fi, komputer di lobi hotel, dan kolam renang. Cuma siapa juga sih yang mau renang kalo udaranya lagi dingin kayak waktu itu hihihi.

Kita manfaatin kesempatan stay di private room sebaik-baiknya dengan nyuci baju! Hihihi. Ini kedua kalinya tumpukan baju kotor itu balik lg jadi bersih setelah laundry time yang pertama di Siam Reap. Dan dari pagi ampe siang hari itu kita abisin dengan citysightseeing.
Hoi An itu termasuk ke dalam daftar kota world heritage, kotanya gak besar jadi dengan nyewa sepeda aja udah bisa muterin seluruh penjuru kota. Tapi itu gak saya lakuin sama Hani, soalnya kita lebih milih nikmatin kota dengan jalan kaki. Arsitektur kota ini masih kental sama peninggalan masa pendudukan Perancis, karena Mekong area itu emang koloninya Perancis. Cuma anehnya sejauh perjalanan ini, kita belum ketemu sama satupun bule Perancis, hmm aneh. Kehidupan malem di Hoi An pun gak terlalu banyak, cuma ada di sekitaran sungai yang rata-rata pengunjungnya tiada lain tiada bukan adalah turis! Warga lokalnya mah kayaknya udah pada tidur di rumah masing-masing deh, sekitar jam sepuluh malem jalanan di kota ini udah sangat sepi.

Suasana kota Hoi An di siang hari, so peaceful
Pinggiran sungai di malam hari, ugh romance!
Lantern dimana-mana
I've got a date with a sunset and a cold Saigon Red *rhyming

Mi Son Temple
Berkunjung ke Hoi An, kayaknya bakal sayang kalo gak nyempetin ke Mi Son (baca : Mi-Sen, bukan My-San). Menurut guide yang kita pake jasanya waktu itu, temple ini masih punya suatu hubungan dengan Angkor Wat di Kamboja atau temple-temple lainnya di Indonesia. Yaa mungkin aja sih ya, mengingat daerah kekuasaan Majapahit jaman dulu itu luaaas banget. Paket tur yang ditawarin hotel tempat saya dan Hani menginap ada beragam, kita milih yang berangkat jam lima subuh dengan harapan bisa ngeliat sunrise tapi ternyata tetooot lagi gara-gara mendung dan gerimis, matahari langsung muncul gitu aja tanpa ngelewatin satu proses yang orang sebut dengan istilah sunrise itu. Tapi gak apa lah, yang penting experience nya berkunjung ke tempat ini, saya jadi tau kalo ternyata uang Majapahit itu guedeee banget ukurannya. Hahaha berarti yang ada di video TA saya itu agak sok tau doong. Selain pilihan jam, hotel juga menawarkan pilihan transportasi menuju ke temple ini, jarak Hoi An ke Mi Son itu kurang lebih satu jam perjalanan. Saya dan Hani memilih menggunakan mini van pada saat berangkat dan traditional boat pada saat pulang. Gak nyesel deh sama pilihan itu, soalnya pemandangan pada saat pulang nglewatin sungai jauh lebih seru dan kita juga sempet mampir ke sebuah pulau kecil yang di mana merupakan pusat produksi barang-barang craft yang dijual di pusat kota Hoi An. Jadi kalo mau belanja, di pulau ini harganya jauh lebih murah.

'The lost language'
Salah satu sudut di Mi Son temple
Ini loh uang Majapahit tuh segede ini
Perjalanan pulang di atas boat



Da Nang : Kota Pesisir yang Terlewati Begitu Saja

Da Nang adalah kota keempat yang jadi destinasi perjalanan Vietnam selatan menuju ke utara ini. Kota ini rapi dan sepi tapi gak banyak yang bisa dilihat, tipikal dari kota transit sih. Iya, waktu itu saya dan Hani ke kota ini cuma untuk transit beberapa jam aja karena di sini ada sebuah bandara internasional dengan lokasi yang terdekat dengan kota Hoi An. Flight kita menggunakan Vietnam Airlines, economy class, menuju ke kota Hanoi. Dan gak terduga, bandaranya itu baguuus dan cukup besar. Di bandara ini juga pertama kalinya nemuin Burger King selama di Vietnam hehehe.

Kota Da Nang yang tenang
HAN - here I come!



Hanoi : Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama!

Kota ini dulunya adalah ibukota dari Vietnam Utara pada masa perang. Landscape kota dan style orang-orangnya dalam berpakaian cukup beda dengan kawasan Vietnam di bagian selatan. Ya jelas beda buat baju yang mereka pake, di sini pas dateng bulan Februari suhunya 15 derajat Celcius booo! Freezing! Sesampenya pesawat saya dan Hani dari Da Nang jam satu malem, kita langsung nyari tempat proper di bandara Noi Bac buat tidur. Yes! Di tempat inilah pertama kali bermalam di bandara. Soalnya kita kekeuh pingin pake public bus aja yang baru beroperasi mulai jam lima subuh daripada harus pake taksi buat ke tengah kota. Sedikit traumatis juga sama kejadian scamming taksi pas pertama kali mendarat di Saigon. Tapi beruntunglah kita dapet dua buah sofa empuk di tengah kafe yang udah tutup, free wi fi dan toilet. Oh terlepas udara yang sangat dingin, Noi Bac airport was feels like home.

'Tidur cantik' di bandara

Besok paginya, sedikit buang waktu nanya arah pool public bus di bandara...karena GAK ADA yang bisa bahasa Inggris! Cukup bikin stress. Dan ke-stress-an itu berlanjut pas udah mau naik bus umum, karena lagi-lagi, GAK ADA yang bisa bahasa Inggris! Tapi bukan Vieta dan Hani namanya kalo gak bisa ngelewatin itu semua hahaha, berbekal dengan map di buku Lonely Planet dan bahasa tubuh akhirnya sampelah juga di daerah Old Quarter Hanoi yang waktu itu pernah disugestiin si traveler Montreal temen di dorm Phnom Penh dan Siam Reap. Destinasi pertama di kota ini adalah Hoan Kiem Lake, dan saya langsung jatuh cinta.


'Pose cantik' walo lagi stress nyari pool bus

Hoan Kiem Lake, love at first sight!

Singkat cerita, setelah beres check in hotel di May De Ville Backpacker, saya dan Hani split untuk kedua kalinya. Hani agak gak enak badan waktu itu jadi dia pingin istirahat aja di dorm dan saya yang lagi falling in love jadi terlalu bersemangat buat ngelilingin Old Quarter sendirian. Oh iya, dorm di Hanoi itu termasuk dorm yang paling berkesan loh! Soalnya selain harganya yang cuma $6 aja per malemnya haha, dapet breakfast mewah lagi plus ada entertainment room di lantai 2 hotel dengan fasilitas home theatre, pool table, dan beberapa board game. Kamar dormnya juga super nyaman dengan furnitur yang keliatan banget masih barunya. Oh iya, pertama kali juga di sini dapet kamar dorm yang dipisahin berdasarkan gender, jadi waktu itu sekamar isi enam orang cewek semua. Good!

Saya bukan orang yang gampang terimpresi dengan suasana ibukota sebuah negara, tapi selain Phnom Penh, saya suka banget kota ini! Kota ini besar, cepat, dan penuh kehidupan. Motor mendominasi dimana-mana, bahkan trotoar pun gak ada! Semua orang dan kendaraan berlalu lalang di jalan. Aneh tapi nyata, saya malah suka, gak tau kenapa. Mungkin karena atmosfer gedung-gedungnya atau apa ya..gak tau lah. Makanya saya sebut jatuh cinta, soalnya saya gak punya alesan apa-apa pas perasaan itu ada hehe ceilah. Saya jalan-jalan sendiri ngelilingin sekitaran Hoan Kiem Lake. Hoan Kiem itu nama semua danau besar di tengah Old Quarter Hanoi. Percaya sama saya, di luar Old Quarter itu gak ada hal unik lainnya dari kota Hanoi. Jadi kalo mau ke sini, langsung aja ke kawasan Old Quarter. Dan di tengah danau ini ada sebuah temple yang jembatan merahnya itu remarkable banget, bisa langsung cek di Wikipedia ya kalo penasaran. Setelah namatin temple, saya ngambil beberapa gambar di monumen Ly Thai To, nontonin bapak-bapak pemarah bersumpah serapah yang lagi tanding bulutangkis (untung gak ngerti bahasanya, hehe) dan ngelilingin danau super besar itu lagi sampe dua kali selanjutnya. Duduk-duduk di pinggir danau sendirian, baca buku sambil menghisap beberapa batang rokok, menikmati secangkir kopi Vietnam yang super enak, merhatiin orang-orang, dan mengapresiasi karya Tuhan yang sangatlah indah itu. I'm living my own life since then...

Ini dia kurang lebih suasana kota Hanoi
Pingin bawa pulang suasana nyaman yang kayak gini!
Sitting peacefully....

Selain danau ini yang jadi daya tariknya Old Quarter, ada juga sebuah gereja katolik di kawasan backpacker yang wajib buat dikunjungin, sayang saya lupa namanya. Pada waktu itulah pengalaman pertama buat saya dan Hani masuk ke dalam gereja. Kebetulan juga lagi ada yang misa, mungkin hari itu hari Sabtu ato Minggu ya..harap maklum, selama trip itu berlangsung, saya sering berusaha ngelupain hari dan tanggal. Oh iya, kunjungan ke gereja itu juga ditemenin sama temennya Hani yang bernama Hai Yen. Mereka saling kenal karena kedua anak pinter ini pernah ketemu di sebuah konferensi gitu lah pas jaman kuliah. Setelah dari gereja, Hai Yen ngajak kita buat nyobain nongkrong-nongkrong ala anak muda Hanoi. Yang dimaksud dengan nongkrong di kota ini bukanlah di dalem mal, tapi duduk-duduk di pinggir jalan. Hampir di setiap sudut jalanan, tersebar kurang lebih 30 bangku jongkok alias jojodog tempat dimana anak muda ngabisin malem di akhir pekan mereka bareng teman-teman. Menunya yang tersedia selain Bia Hanoi dan kopi, ada hot lemon tea dan kuaci! Seru aja gitu ngeliatnya, karena cuaca dingin, orang-orang cenderung well prepare dengan pakaian yang mereka pake jadi terlihat lebih stylish, tapi tetep nongkrong di pinggir jalan hehehe.

Gereja tua
Dalemnya gereja, walo gak ngerti bahasanya,
tapi yang namanya tempat ibadah itu selalu ngebawa ketenangan
'Menu gaul' : kuaci, kopi, lemon tea anget



Ha Long Bay : Kabut Misterius dan Persahabatan Baru

Lagi-lagi dalam trip ini, saya sering nemuin diri saya di tempat yang harus segera saya tinggalin setelah baru aja nyampe. Dan itulah yang paling saya rasain pas harus ninggalin kota Hanoi. Kabar buruknya, saya sedikit sedih soalnya belum ngerasa puas ngelilingin kota itu, saya belum sempet ke Lenin Park! Tapi kabar baiknya, Agustus taun ini saya bakal balik lagi :-D Hihihi, skip dulu ah pamernya :-p Lanjut cerita ke ultimate destination di negara Vietnam, Ha-Long-Bay! Yaaay!

Selamat datang di Ha Long Bay yang lagi mistis

Ha Long Bay adalah destinasi terakhir dari rencana trip saya dan Hani di negara ini. Dan tempat ini adalah salah satu dari daftar UNESCO World Heritage. Kalo orang bijak bilang, save the best for the last, itu bener banget! Dan Ha Long Bay itu so magical! Iya mungkin bulan kedatangan juga nentuin keberuntungan sih ya, kurang beruntungnya adalah..kita dateng bulan Februari dan masih musim dingin di Vietnam Utara, jadi harapan buat lompat dari boat dan berenang di Ha Long Bay musnah sudah. Suhu udara pas kita dateng mungkin sekitar 12-15 derajat Celcius. Dan entahlah bagaimana bisa, di hari kita ninggalin Ha Long City, suhu udara tiba-tiba naik drastis jadi 25 derajat Celcius!! Why God, why??

Ah lupain lah itu masalah udara, toh tetep ada untungnya juga dateng pada waktu itu. Kapan lagi coba ngeliat Ha Long Bay dalam suasana magis semagis-magisnya? Eh bentar, saya mau nyetel lagu The Bay-nya Metronomy dulu, hihihi. Iya..jadi gitu, suasana Ha Long Bay di bulan Februari itu abu-abu dan berkabut tapi tetep super indah. Dingin, tapi tetep hangat soalnya saya punya boat mate yang asik-asik! Ada delapan orang Argentinian, empat orang Swedish (dua orang cewek di antaranya jadi temen trip saya dan Hani selanjutnya selama di Laos), dan pasangan New Zealand. Oh iya gak lupa guide kita, seorang Vietnamese dan empat orang pelajar yang lagi ikut program AISEC : seorang Chinese, dua orang Japanese, dan akhirnyaaa seorang Indonesian! Seneng deh ketemu temen satu bangsa kalo lagi di negara orang. Cuma kita split dengan pelajar-pelajar itu karena mereka bermalem di hotel di Cat Ba Island dan kita sisanya bermalem di boat.

Semalem nginep di atas boat ini
Floating school!  
Kayaking di perairan Ha long yang misterius

Berada di boat selama semalem, di atas perairan Ha Long yang tenang dan misterius dan kita gak tau sama sekali dimana persisnya boat berada di atasnya, tanpa koneksi internet, bikin saya, Hani, dan boat mate lainnya jadi cepet akrab. Gadget yang berfungsi pada malem itu cuma kamera. Buat ngangetin badan, malem itu seberes dinner kita mutusin buat bikin pesta kecil-kecilan. Asiknya satu temen perjalanan dengan orang-orang yang seumuran ya gitu, punya interest yang sama. Kita patungan buat open bottle, gak lupa masang speaker aktif, dan mulai dance bareng hahaha. Bahkan saking 'asik'nya suasana di boat kita, beberapa orang dari boat lain ada yang nekat lompat dan gabung lho. It was so much FUN FUN FUN!

The coolest gang ever!

Oh iya, paket tur Ha Long Bay ini kita dapetin dengan tawar menawar harga yang cukup hebat hehe, kita bayar cuma $39, dimana rata-rata boat mate lain bayar sekitar $50. Best deal! Paket yang kita ambil itu dua hari satu malem dengan bermalem di boat. Selain experience ngitarin perairan Ha Long di atas boat yang bentuknya kayak kapal-kapal jaman Dinasti Cina jaman dulu, tur yang ditawarin juga mencakup trekking di Thien Chung cave, naik kayak, ngunjungin floating fishing village dan Indochine cave. Tapi untuk cave yang terakhir ini kita harus bayar uang ekstra 100 ribu Dong per orang soalnya buat masuk ke dalem cave, kita harus nyewa perahu kecil dan cave ga mungkin dikunjungin kalo air lagi surut. Jadi waktu itu, lagi-lagi beruntung soalnya air lagi lumayan tinggi.

Oh, hallo Lord! It's me again, big fan of your work :-)



Setelah semalem yang menyenangkan dan penuh kenangan di Ha Long Bay, saya dan Hani balik lagi berkejaran sama waktu buat naik bus ke Luang Prabang, Laos. Yes, kunjungan di Vietnam ini selesai sudah dan estimasi waktu dalam trip ini semakin dikit aja. Post selanjutnya bakal nyeritain tentang 'ketangguhan' saya dan Hani ngelewatin 30 jam dalam perjalanan darat antar negara Vietnam-Laos dengan menggunakan shitty bus, keindahan pemandangan Luang Prabang yang luar biasa, dan ke-surprise-an saya soalnya masih bisa idup ampe sekarang setelah ngelewatin malem gila-gilaan di sebuah kota yang bernama Vang Vieng.


Melalui pengalaman-pengalaman yang udah saya lewatin, saya hari ini adalah orang yang jauh lebih mengapresiasi apa yang saya punya dan saya cinta hidup saya! Juga orang-orang yang lagi baca post ini sekarang.
Sampe jumpa lagi, ya? :-)

1 comment:

  1. I love your blog, I'm fallin in love wth the stories and love to travelling round the world yeyeeyee :* keep writing tong!

    ReplyDelete