23.6.13

Pelangi Island, Jakarta : Behind Story of Teri Kacang Diving Club

Oke, kemaren-kemaren saya lagi males nulis. Jadi mari sekarang aktifkan kembali blog ini. Anyway alamat domain saya yang www.vforvieta.com udah gak aktif yaa...sekarang saya balik lagi pake dot blogspot dot com. Kenapa? Ya itu tadi, males ngurusnya. Ntar deh domain itu saya beli lagi pas web nya emang udah nggenah.

Marilah mulai ceritanya. Jadi gini, pada bulan April saya dapet rejeki pergi ke Aceh gratisan dari P3I karena udah ngebantuin bikin e-book Citra Pariwara 2012, diajakin bos saya *thanks Boss!, cerita lengkapnya bakal saya tulis di post selanjutnya, kapan-kapan hehe. Nah pas di Aceh itu saya ditraktir discovery diving (istilah buat diving tanpa lisensi) di Iboih, Sabang. Gak tau kenapa, tapi seinget saya masih bagusan dasar lautnya Karimun Jawa deh daripada di Iboih, yah tapi pokoknya tetep hepi karena udah lama kan ya gak discovery diving dan akhirnya punya foto underwater keren hihi. Oh iya, buat pertama kalinya juga di sana ketemu sama Lion Fish huhu aku suka. Nah dari situ, ada obrolan tuh sama sang bapak bos, Pak Ricky Pesik, yang juga diver kondang di Indonesia Raya. Eh segitunya gak yah? Hahaha abis bapaknya ini mungkin udah log lebih dari 200 kali di Indonesia, pastinya ada tulisan "Ricky Pesik was here" dimana-mana. Kata Bapak (panggilan saya ke pak bos), kalo emang tertarik buat nyeriusin dengan ngambil diving license, ntar bakal beliau subsidi. Hore! Langsung ngangguk-ngangguk. Singkat cerita, saya dan lima orang anak kantor Satucitra Advertising lainnya memulailah cerita perjalanan kami menjadi penyelam berlisensi pada akhir bulan April 2013.

Saya dan teman-teman belajar nyelam PADI Open Water di sebuah dive center yang bernama Bubbles, lokasinya di Guru Mughni, Kuningan Jakarta. Ada beberapa tahap yang harus dilewatin sebelum akhirnya dinyatakan lulus dan bergelar sarjana Open Water dari PADI ini. Sebelumnya saya mau jelasin dulu PADI itu apanya Bubbles, dan Open Water itu apanya PADI. Jadi PADI ini kependekan dari Professional Association of Diving Instructors yang merupakan organisasi internasional pelatihan diving sekaligus punya member recreational diving yang terbesar di dunia. Program pelatihan yang ditawarin PADI ini luas, dimulai dari Scuba dan Open Water sampe Master Scuba. Nah bisa diliat di gambar di bawah urutan levelnya:


Open Water Diver itu ada di kolom biru urutan kedua
Sumber gambar: Wikipedia

Jadi dagangannya PADI ini emang banyak banget ternyata. Nah Bubbles ini adalah salah satu dive center di Jakarta yang pake program pelatihannya PADI, jadi otomatis lisensi yang dikeluarin pun berasal dari PADI. Seperti bisa diliat di gambar, Open Water (OW) yang jadi lisensi saya sekarang ini adalah pintu pembuka untuk menuju ke level-level selanjutnya. Perbedaannya apa? Yang jelas, ini mah level yang masih cupu haha, level buat ngebiasain diri dengan lautan. Maksimum kedalaman yang boleh diselami untuk OW diver cuma ampe 18 meter, sedangkan kebanyakan laut di Indonesia yang bagus-bagusnya ada di kedalaman 20 meter ke bawah. Dengan kata lain, ini hobi yang pastinya bakal berkelanjutan. Ntarnya saya harus ngambil lisensi Advance Open Water sebagai 'kartu akses' diver buat nyelem sampe kedalaman maksimum 40 meter, atau yah kalo mau nakal boleh lah lebih ke bawah sedikit hihi. Tapi untuk naik tingkatan, saya harus punya log minimum 20 kali dulu, sjauh ini saya baru ada delapan, nyebelin masih lama haha.

Ada tiga tahap yang harus dilewatin murid PADI OW: 
Yang pertama adalah ngelarin lima modul teori yang nantinya akan ditutup dengan final exam dengan nilai kelulusan minimum 75%. Berhubung ada enam murid di kantor, jadi pelatihnya yang bernama mas Kandis Semidang berkenan dateng ke kantor buat ngajar kelas teori. Target saya dan temen-temen cuma seminggu buat sampe akhirnya dapet license, berhubung awal bulan Mei kantor bakalan outing ke Aceh (iya, saya taun ini dapet rejeki ke Aceh dua kali, tunggu post selanjutnya ya), kan pingin banget tuh diving lagi di Sabang tapi udah bukan discovery diver lagi. Hasilnya kelas teori maupun praktek dikebut biar pada akhir pekan kita bisa langsung tes di laut. Gini timetablenya, dua hari buat kelas teori, dua hari buat kelas praktek di kolam, sehari istirahat, dan dua hari buat tes laut. Kelas teori dan praktek dimulai sepulang jam kerja yang dimana sebenernya saya dan temen-temen pulang bisa jam berapa aja hahaha. Akhirnya kita ngikutin jam pulang kerja orang normal (loh emangnya kita abnormal??), yaitu jam 18.30. Kegiatan selama kelas teori ini adalah nonton dvd tentang apapun yang seorang diver harus tau keluarannya PADI dan kuis tentang apapun yang seorang diver harus tau, apasih. Yah intinya gitu deh ya, kelas ini berjalan lancar, saya lulus 86%.


Ini paketan yang dikasih Bubbles, ada RDPL, diver's log book, buku modul plus dvd dan stiker, oh iya plus handuk juga.
Suasana conferrence room kantor yang diubah jadi kelas malam.

Lalu yang selanjutnya adalah kelas praktek di kolam. Nah barulah kami-kami ini takjub kalo diving ternyata adalah hal yang serius makanya butuh lisensi hahaha. Sebelumnya, kita harus di tes skill renang dulu, floating 10 menit dan renang non-stop 200 meter. Karena renang itu modal dasar diver biar gak panik ngadepin lautan. Jadi Bubbles ini tempatnya lucu banget deh. Ada Dive Shop sekaligus kantornya juga yang terletak di basement, dari jendela kantor bisa ngeliat ke dalam kolam renang, berasa di akuarium. Dan kalo dari luar itu gak keliatan kalo tempat ini punya kolam yang dalemnya ampe tujuh meter. Jadi cuma ada satu kolam tapi dengan dua kedalaman, satu sama tujuh meter. 

Dive Shop-nya Bubbles, ada yang mau beliin buat saya?
Nah ini dia kolam satu dan tujuh meternya
Kolam yang satu meter digunain untuk mraktekin modul teori satu dan dua, modul yang paling basic. Tentang ngebiasain pake alat dan kode tangan, ngelepas dan masang regulator dalam air, ngebersihin masker, ngelepas dan masang masker, dsb. Kalo belum terbiasa napas pake mulut dan tabung yang isinya oksigen bisa muntah juga lho walopun masih di kolam yang dangkal. Nah buat mraktekin modul teori tiga dan empat, baru tuh mulai masuk ke kolam tujuh meter, anggepannya ini udah di laut. Nah di sini deh saya agak berjuang untuk equalize tekanan di telinga, yang bikin saya sampe mimisan besok paginya. Mungkin karena kolam tekanannya lebih besar di banding laut, yaiyalah ya ukuran kolamnya aja lebih kecil, pasti daya tekannya lebih kuat dan mungkin juga karena terlalu ngotot nyamain tekanan, pembuluh darah di THT ada yang pecah. Yah namanya juga belajar ya. Inti dari kelas praktek ini adalah ternyata yang namanya teori mah gampang, nah pas mraktekin itu baru susah! Hahaha basi. Tapi saya bisa lulus lagi lho.

With the group 
Latihan bouyancy di kolam tujuh meter

Step yang ketiga adalah final test di laut. Hari Sabtu pagi saya dan temen-temen udah ngumpul di Dermaga Pantai Mutiara buat nyebrang ke Pulau Pelangi di Kepulauan Seribu. Hampir semuanya flu hahaha jadi agak deg-degan kan seharusnya diving itu dalam kondisi segar bugar. Yasudah lah ya. Untuk lulus PADI OW, total log yang harus dilakuin di laut ada empat kali. Dua kali di hari Sabtu dan dua kali di hari Minggu. 

Dermaga Pantai Mutiara, siap-siap minum Antimo buat naik speed boat itu 
Pemandangan dari Dermaga Pulau Pelangi, horee akhirnya ke Kep. Seribu juga!
Selamat datang di Pulau Pelangi
Suasana hutan di dalam pulau

Buat tes laut ini nambah tiga orang temen baru, murid-muridnya Mas Kandis yang lain. Intinya sih mraktekin smua yang udah kita pelajarin langsung di medan yang sebenernya. Di log pertama dan kedua dilakuin di Dermaga Pelangi pada hari Sabtu dan masalah terbesar saya masih di equalize, di log kedua masalah adalah tangki udah berkurang setengah beratnya, jadi saya agak susah buat turun, melayang ke atas mulu badannya hahaha dasar amatir. Kayaknya si Mas Kandis pun mulai kesel juga nih murid-muridnya pada bego hahahaha maaf yah pak pelatih :-p. Log ketiga di hari Minggu dilakuin di Karang Atol, perlu naik kapal buat menuju ke sana, buat log yang ini lancar dong, yess. Dan log terakhir, hoping island ke Pulau Matahari, nah di sana sama masalahnya kayak log kedua, karena tangki berkurang jadi ngelayang mulu. Tapi udah agak pinter, ngakalinnya dengan nambah weight satu kilo di belakang tangki hihi. Pulau Pelangi itu adalah pulau pertama yang saya kunjungin di Kepulauan Seribu, agak kaget juga Jakarta punya pulau yang lumayan coral dan ikannya. Untuk visibility sih ya paling cuma dua meteran, nginget buruknya kondisi polusi di Jakarta. Selama di sana, semua senang semua kenyang...dan saya lulus. Hore! Resmi juga jadi certified diver! :-p

Reriaangan di tengah kelas
Photobombing Erika huahahaha
Pemuda setempat
Lagi dibrief sebelum turun

Buat saya, kunci dari diving adalah berani dan tenang. Malah mungkin ngajarin saya buat jadi orang konservatif yang harus taat peraturan. Berhubung gak ada yang bener-bener tau dalem dan isi lautan, so don't mess up with it! Stick to the rules! Tapi tetep harus bersenang-senang, nikmatin indahnya biodiversity negara saya tinggali ini.


Trus apa hubungannya cerita ini sama judulnya? Nah sampe keseruan Pulau Pelangi berakhir, saya dan temen-temen kantor emang masih belum kepikiran bikin perkumpulan minat bakat Satucitra Advertising hahaha. Sampe tiap sore di kantor, kayak orang rasis, geng gak move on pencinta kopi, teh, dan rokok ini tanpa sengaja selalu ngumpul di gazebo kantor buat terus-terusan ngulangin cerita selama seminggu belajar diving PADI OW. Berdasarkan saran pak bos, akhirnya kami pun bikin klub kecil-kecilan gitu lah buat saling tuker informasi dan bikin rencana-rencana dive trip selanjutnya. Nah nama klub ini baru muncul di cerita Aceh buat post selanjutnya yang bakal saya tulis kapan-kapan... Jadi buat sekarang, sampe jumpa dan selamat menikmati hari Minggu yang tinggal beberapa jam aja dulu! Muah!

Kapan-kapan dive trip bareng lagi yaaaa :-)


2 comments: