18.11.13

Sabang, Aceh : Where The Wonderful Indonesia Start From

Sebelum mulai cerita, hari ini saya ngerayain post ke-100! Horeee! Sebelumnya, saya mau berterimakasih buat dear 'vague readers' yang berlangganan mampir ke blog ini selama kurang lebih 3 tahun belakangan :-) Percayalah, angka statistik penanda "masih" ada kunjungan setiap harinya itu bikin saya gak nyerah buat terus ngelatih kemampuan storytelling saya, walo seringkali post-post yang ditulis tertunda cukup lama hehehe. I'll fix that, I promise! Terimakasih yaaaa!

Post tentang Sabang ini merupakan bagian dari post sebelumnya tentang sebuah daerah yang sangat istimewa bernama Aceh :-) Lagi, saya jelasin, ada 2 kunjungan dengan 2 itinerary yang berbeda yang saya lakuin. Jadi post tentang Aceh ini adalah rangkuman dari tempat-tempat yang dikunjungi.

Sabang adalah kota terbesar di Pulau Weh dan suprisingly mudah buat dikunjungin. Sebagai titik terbarat Indonesia, bayangan di kepala saya buat ngunjungin kota ini kok kayaknya bakal ribet banget ya transportnya. Setelah terbang 2,5 jam dari Jakarta menuju Banda Aceh dengan transit sekitar setengah jam di Medan, ternyata menuju Sabang gak perlu naik bis 30 jam kayak ke Laos :-p Hanya 2 jam pake ferry lewat Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh atau 45 menit nyebrang pake fast boat (yang harganya lebih mahal tentunya) hingga sampe di Pelabuhan Balohan, Sabang. Jadwal fast boat terpagi itu sekitar jam 8 dan tersore jam 4. Dari yang saya baca di pelabuhan, kalo beli tiket return bisa dapet harga lebih murah lho. Jarak Pelabuhan Ulee Lheue dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh itu sekitar setengah jam dan bisa ditempuh kalo gak mau ribet ya pake taksi dengan total biaya 150-200ribuan. Ada labi-labi, kendaraan lokal Aceh, di luar bandara yang mungkin ada tujuannya ke pelabuhan dan pastinya jauh lebih murah. Agak buta harga sebenernya selama di sana karena semuanya ditanggung, gak percuma ya gak ada ATM selama di Sabang...uangnya juga gak kepake :-p

Sinyal XL susah di Sabang hahahaa

Daaaan akhirnya kesampean juga cita-cita setaun lalu buat ke Sabang. Beach timeeee! Woohoo!

Salah satu ujung Pulau Weh, aerial view
Ini dia fast boatnya. Eh tapi, liat deh itu langitnya...bagus ya?
Dalemnya kelas bisnis kapal Pulo Rondo
Haloooooo cantik :-)

Tugu Km 0

Karena letaknya terlepas cukup jauh dari mainland Aceh, aturan Syariah gak kerasa-kerasa amat di kota ini. Di sini mungkin kok buat berbikini di pantai, bagi yang mau. Masalah berpakaian mah disesuaikan aja lah ya... Tiga hal yang paling ngebekas buat saya selama di Sabang: pantainya yang berpasir putih dengan lautnya yang jernih, hutannya yang subur, dan Mie Jalak! Gak kebayang sebagai seorang Indonesia gak bisa ngerasain keindahan alam pulau ini dan keramah-tamahan penduduk di dalamnya sampe taun 2005 ketika GAM masih belum bisa berdamai dengan pemerintah Indonesia, huhu sedih. Belum juga pulang waktu itu, saya udah kangen sama kota itu! Dan di Tugu Km 0 sana saya juga berjanji kalo harus ngunjungin titik terakhir Indonesia di sebelah ujung timur suatu saat nanti. Pas ulangtaun ke 25 mungkin? hehehe.

Dari Tugu Km 0, pemandangan Laut Andaman keliatan bagus banget di kunjungan pertama. Di kunjungan kedua, cuaca lebih sering hujan. Ngedeteksi lokasi di Google Map, titik biru pin kayak udah berada di luar Indonesia, gak kerasa posisi saya udah seujung itu. Berasanya cuma sejengkal lagi bisa nyampe Sri Lanka. Tugu ini letaknya 29Km dari kota Sabang dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dengan menggunakan mobil atau motor. Di atas tugu setinggi 20meter ini terdapat burung Garuda dan di lantai 2 tugu ada prasati yang isinya ngejelasin cara penetapan posisi geografis Km 0 Indonesia yaitu dengan menggunakan teknologi GPS dan diukur oleh para pakar BPP Teknologi. Di sana juga ada jasa mencetak nama di atas Sertifikat Km 0 yang ditandatanganin walikota Sabang. Lumayan buat jadi souvenir.

Ketemu temen baru
Titik Km 0 yang udah ada cap pantat saya
Tugu Km 0
Andaman Sea

Gampong Iboih

Oke, ini dia bagian terfavorit selama kunjungan di Aceh: DIVING! Yihaa! Bersama The Pade Dive Resort selama di Sabang, total dive yang saya lakuin adalah 3 kali: sekali discovery dive pas kunjungan pertama, dan 2 log dive pas kunjungan kedua. Istilah discovery itu buat diving rekreasi tanpa license. Berhubung di kunjungan kedua saya udah punya license PADI Open Water, sukseslah dive log pertama saya di Km 0 Indonesia muaha ha ha, perfect place where the wonderful Indonesia start from ;-D
Discovery dive saya waktu itu di Pantai Gapang dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Lion Fish. Kok bisa cantik dan ribet begitu ya bentuknya?? Fix itu jadi ikan favorit pertama!


The Pade Dive Resort, kalo ditambah rooftop swimming pool, udah itu mah syurgaa!
Pemandangan dari teras The Pade
Ini dive centernya
Discovery dive pertama di Gapang, ketemu Lion Fish!! (Pic credit to Ricky Pesik)
Tapi Sabang bukan cuma buat para diver lho, coral berwarna-warni dengan ikan-ikan cantik juga banyak ditemuin pas saya snorkeling di Rubiah. Berhubung kamera underwater saya cuma pocket biasa dengan maksimal depth 6meter, saya cuma berani bawanya ketika snorkeling aja. Tapi liat deh foto-foto di bawah, walo cuma di permukaan laut, makhluknya udah cantik-cantik sekali. Oh iya! Ada 3 pantai yang jadi andalan wisatanya Gampong Iboih ini: Pantai Rubiah, Pantai Gapang dan Pantai Teupin Sirkui. Di gampong ini juga saya nemuin warung Indomie terenak sejagad raya, tapi lupa nama si abang-abang penjualnya. Dan dia juga ngasih tips biar rasa Indomie jadi lebih sedap, "Tambahin geprekan 1 siung bawang putih dan masaknya pake air segelas belimbing aja." Oke deh sip!


Pulau Rubiah yang indah di atas maupun bawah lautnya
Moray Eel
Whoaaa diserang ikan!
Clam

Sabang Wreck & Underwater Volcano

Waktu terbaik buat diving di Sabang itu sekitar bulan April-November ketika musim kemarau. Tapi karena cuaca udah gak jelas di Indonesia, pada umumnya, diving bisa dilakuin sepanjang tahun.


Di kunjungan kedua, masih bersama The Pade Dive Resort dan bareng TEKADECE (Teri Kacang Diving Club) yang namanya baru kepikiran di sana, log pertama yang diselamin setelah resmi jadi diver berlicense adalah di Sabang Wreck dengan kedalaman 14,6meter. Airnya super jernih! Bahkan snorkeling di permukaan aja bisa keliatan jelas bangkai kapalnya. Anyway, log itu terjadi pada tanggal 11 Mei 2013...iyess, saya ngerayain ulangtaun ke-24 di dasar laut. Huhu terharu deh, I didn't expect the universe treat me so nice on that day T___T. Thankyou thankyou thankyou! Itu ulangtaun yang paling berkesan setelah ulangtaun ke 11 dan 23. Di site ini gak dijumpain coral, tapi sempet ketemu sama Moray Eel dan Pipe Fish. Karena nyelemnya banyakan, jadi seru bisa main Titanic-Titanican dan Pak Ricky pun selalu standby motretin setiap aksi hehehe. Enak bener emang kalo nyelem sama underwater photographer! :-p


Teri Kacang Diving Club (Pic credit: Ricky Pesik)
Dive buddies (Pic credit: Ricky Pesik)
The Sabang Wreck (Pic credit: Ricky Pesik)

Log kedua berlokasi di Underwater Volcano (yang bikin saya bisa agak sedikit belagu ke seorang temen, diver asal Austria, yang udah malang melintang nyelem di laut Indonesia, tapi dia gak tau ada spot ini di Aceh hehehe). Di site ini suhu air sekitar 30ÂșC jadi bikin betah padahal isi tabung udah setengah. Kedalaman sekitar 9meter dengan visibility yang juga jernih banget. Sama, gak ada coral tapi cukup beruntung ketemu Garden Eel. Itung-itung ke spa, pas naik lagi ke atas boat, kulit mulus gak kering.


Bubbles at the Underwater Volcano Point (Pic credit: Ricky Pesik
Birthday toast! Cheers for life!
Lokasi makan siang di pulau entah apa namanya

Sabang City Tour

Sebelum pergi ninggalin Sabang (hiks!), saya dan rombongan nyempetin ngejelajah pusat kotanya, makan Mie Jalak yang belum ada duplikatnya di Jakarta (hiks lagi!) dan ngunjungin beberapa pantai lainnya yang terkenal seperti Pantai Anoi Itam dan Pantai Sumur Tiga. Kunjungan terakhir yang cukup seru dari kota ini adalah ke Benteng Jepang yang jadi salah satu markas tentara Jepang di Aceh pas perang dunia kedua. Benteng ini terletak di atas tebing yang menghadap laut. Kalo berani sebenernya kita bisa loncat ke laut, berhubung ngeliat ada orang yang freedive di sana buat nangkep ikan...kayaknya aman kok, gak ada karang, asal punya nyali hehehe. Bahkan dari tebing setinggi itu aja, air lautnya tetep bisa tembus pandang. Indahnya alam Aceh...


Mie Jalak Pulau Baru, nyammmm
Suasana kota Sabang yang sepi dan tenang
Alat transportasi buat yang muda dan gaul aja
Sabang view point, di sini disediain banyak bangku-bangku, mirip-mirip Santorini lahh
Meriam peninggalan perang di Benteng Jepang
The free divers yang sebenernya nelayan yang lagi nyari ikan pake tombak
Perjalanan menuju ke Pelabuhan Balohan, ya ampun bagusnyaaa pemandangannya


Thank you, thank you, thank you!

Banda Aceh dan Sabang bukan cuma sekedar kota-kota yang indah dengan langit yang cerah, tapi adalah temen-temen seperjalanan yang ngebuat kota-kota ini semakin istimewa. Adalah temen-temen ini juga yang bikin tempat-tempat jauh lebih bercerita. Jadi sekali lagi, terimakasih untuk P3I dan Satucitra Advertising atas setiap memori yang sampe sekarang bakal terus saya ceritain kalo bicara tentang Aceh :-)
Pembubaran panitia Citra Pariwara 2012 bareng Mas - Mbak P3I di kunjungan pertama
Outing Satucitra Advertising di kunjungan kedua

I will come back with a bagful of interesting stories, see ya!

1 comment:

  1. Seru banget perjalanannya mba' ayo ditunggu cerita perjalanan barunya

    ReplyDelete