29.3.15

Woke Up and Brokenhearted



Tanggal 25 Maret 2015.

Hampir sebulan saya di Australia, hari ke-sekian saya tinggal di Katherine, Northern Territory. Kota ini ketiga terbesar di state ini setelah Darwin dan Alice Springs. Walo katanya tergolong 'sibuk', penduduknya cuma 10 ribu orang. Yah kebayang kan betapa tenangnya hidup saya sekarang. Dari Bandung yang macet dan beragam pilihan hiburan, kegiatan harian saya kalo gak kerja (lagi nyobain Au Pair sekarang, tapi ntar ya dibahasnya di lain post) ya naik sepeda, eksplor masak, ngegambar, berenang ke hot springs, bushwalking, bird watching ato ya sekedar ngahuleung aja. Gak banyak, tapi saya menikmatinya. Mungkin emang inilah saya yang sebenernya. Atau bukan? Yaudah lah.

Di hari ke-12 di sini saya gak akan pernah lupa.

Setelah berhari-hari ngeluh udara yang sangat panas dengan rata-rata suhu 40ÂșC setiap harinya, hari itu tiba-tiba suhu turun drastis. Bisa saya bilang itu udara malem normal di Bandung. Saya yang mulai terbiasa dengan keringetan setiap harinya jadi kaget juga pas dikasih dingin dan sedikit kabut.

Pagi-pagi saya naik sepeda buat nemenin anak asuhan saya ke perpustakaan. Kegiatan rutin di hari Rabu. Hari itu buat pertama kalinya di Australia bisa pake celana panjang dan baju kesukaan. Bandung banget lah outfitnya. Beres kegiatan, ternyata ada badai yang singkatnya bikin saya harus pulang naik mobil dan ngangkut sepeda. Ripuh. Tapi sempet-sempetnya ngecek handphone, ha Indonesia banget.

Wow ada 68 notifikasi WhatsApp.

Sekilas saya baca ada berita duka. Percaya atau enggak, saya langsung berharap itu bukan berita duka dari satu nama. Bukan nama itu. Saya tunda dulu baca semua isi WhatsApp. Saya udah gelisah sepanjang perjalanan pulang yang cuma sejauh 2km doang. Karena kayaknya tadi saya sempet baca nama itu. Mungkin itu momen pertama kali lagi saya kembali berdoa. Semoga tadi salah baca.

....

Ternyata saya gak salah baca. Saya gak percaya. Gimana bisa?

...

Hari Rabu tanggal 25 Maret 2015 saya gak akan pernah lupa. Hari dimana saya bersemangat di pagi hari karena akhirnya bisa pake celana panjang dan baju kesukaan. Outfit yang ternyata sama kayak terakhir kali saya ketemu Ewing Juliansyah di malam Natal 2014. Hari Rabu tanggal 25 Maret 2015, hari yang ngebuat saya patah hati setiap bangun tidur. Ngecekin timeline social medianya jadi tambahan kegiatan rutin saya tiap hari. Masih berharap ini cuma bercanda. 

Hari itu saya kehilangan salah satu orang yang pernah dan akan selalu ada di hati. Tujuh tahun berlalu...dari tragedi bully di pojokan gang kosan Pak Sucipto, tukeran koleksi musik dan film, jalan-jalan pake mobil Sandha padahal kita berdua gak ada yang becus nyetirnya, pecel ayam Ngudi Rahayu II yang kita gak tau Ngudi Rahayu I-nya dimana, kode-kode di notes Facebook yang akhirnya satu per satu dihapusin karena nanaonan sih, diem-dieman, baikan, diem-dieman lagi, baikan lagi sampe akhirnya kita nyerah dan jadi beneran temen aja adalah jalan tercocok kayaknya. Main ke rumahnya pun akhirnya bukan jadi peristiwa yang bikin deg-degan lagi.

Saya masih susah percaya dan pinginnya belum ikhlas. Dari sekian memori tentang Ewing yang pernah beberapa kali bikin patah hati, saya gak akan pernah bisa benci. Cukup dengan nyebut "Enok dari Cigondewah", saya bakal maafin dia walo gak pernah ada kata maaf di antara kita. "Viet, compile atuh video traveling teh! Ntar saya bantuin ngeditnya." Saya lupa pas lagi acara apa itu dia ngomong kayak gitu. Tapi kebetulan gak lama kemudian ada kompetisi Ekspedisi Sumba dari Hivos. Saya minta tolong dia, saya tinggalin dia liburan, dan pas saya pulang...videonya udah hampir jadi. Saya gak menang. Tapi itu proyek pertama dan terakhir yang saya pernah ngelakuinnya bareng Ewing. Saya senang. Dan saya ngijinin diri buat berduka selamanya.

....

Hari setelah 25 Maret 2015.


Ironis saya lagi dalam pengerjaan blog lifebeginsat25. Di sana saya bakal ngedokumentasiin perjalanan saya di Australia. Perjalanan yang saya mulai di angka 25. Tapi juga jadi angka terakhir buat salah seorang temen baik saya.

....

I woke up and still brokenhearted. I hope he knows he is loved, appreciated and treasured. And he will always be missed.

So long and catch you later (or sooner) dear unrequited love...

No comments:

Post a Comment